Perkuat Lini Produk AC, Cara LG Dongkrak Market Share

Lee Taejin President of LG Electronics Indonesia (kanan)



JAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- Ketatnya persaingan bisnis penyejuk udara (AC) membuat produsen AC dituntut inovatif dalam memenuhi kebutuhan pasar. Salah satu terobosan untuk menggebrak pasar AC di Indonesia PT LG Electronics Indonesia (LG) memperkuat line produknya untuk AC New Hercules. Bila sebelumnya, menghadirkan seri 1/2PK, kini ditambah dengan seri 3/4 PK dan 1 PK yang disesuaikan kebutuhan dan keinginan pasar.

Kehadiran seri terbaru AC New Hercules merupakan bagian dari strategi LG untuk mendongkrak posisi marketsharenya. Diakui Satrio Mulyo P, Part Leader Air Solutions LG, bila tahun lalu, posisi AC LG masih berada diperingkat ke 3, maka tahun ini ditargetkan berada diperingkat pertama. “Dengan penambahan lini produk ini, kami optimis bila tahun lalu di posisi ketiga, tahun ini bisa berada di posisi pertama,” kata Satrio.

Untuk menjadi jawara AC tahun, tahun ini LG optimis ditargetkan mampu mendongkrak penjualan hingga 50% dbanding lalu. Menurut Lee Taejin President of LG Electronics Indonesia, LG kian memantapkan visi untuk menjadi penyedia solusi perangkat penyejuk ruangan. Hal ini dibuktikan dengan pemantapan fasilitas produksi di dalam negeri dan kelengkapan dukungan pemasaran penyejuk ruangan untuk bangunan komersial, terbaru, perusahaan memperlebar jajaran AC New Hercules yang menjadi penamaannya bagi seri AC standar berteknologi hemat listrik untuk kategori residensial. “Memperlebar lini AC Standar dengan konsumsi listrik yang rendah ini merupakan jawaban kami bagi kebutuhan masyarakat Indonesia utamanya yang dengan kapasitas daya listrik terbatas,” kata Lee.

Diakui Lee, meski LG dikenal reputasinya pada AC inverter, keputusan memperlebar pilihan pada AC standar berfitur hemat listrik untuk lebih memberikan pilihan penyejuk ruangan berkualitas bagi hunian dengan daya listrik terbatas. Sebagai seri AC Standar, kehadiran perdana AC New Hercules pada tahun lalu memberi warna baru dengan ciri utamanya pada kapasitas pendinginan lebih besar ketimbang AC lain pada kelasnya. Karena seri perdananya ½ PK, memiliki kapasitas pendinginan 5,000 BTU (British Thermal Unit) dan konsumsi listrik hanya 370 watt. Salah satu fitur yang diunggulkan adalah Self Diagnosis (error code), dengan fitur ini, menurut Changmin Han, Product Director of Air Solutions LG Electronics Indonesia, membuat perangkat AC dapat melakukan pengenalan dan memberitahukan berbagai kendala saat pengguna mendapati pengoperasian tak normal dengan menampilkan kode error pada bagian indoor AC . Jika ada permasalah pada bagian Indoor, AC akan menampilkan variasi kode E1, E2 atau E3 yang dapat dirujuk sebagai penanda kendala spesifik yang dialami unit.

Lee Taejin menambahkan, sebagai penyedia solusi perangkat penyejuk udara di Indonesia, tak cuma dilakukan melalui penguatan pemasaran pada AC untuk hunian dan AC untuk kebutuhan bangunan komersial. Khusus untuk penyejuk bangunan komersial ini, selain penyediaan berbagai varian, penguatan LG dilakukan dengan memperkenalkan inovasi pada sistem filtrasi. Mengingat semakin besarnya perhatian terkait kebersihan udara di ruang umum yang tertutup, LG melengkapi AC komersialnya dengan penyaringan khusus bagi jamur, bakteri dan virus. Seluruh upaya yang dilakukan LG ini dirancang untuk memberi dampak signifikan pada langkah LG untuk menjadi terdepan dalam solusi penyejuk ruangan. “Kami memiliki lini produk penyejuk ruangan inovatif yang membentang dari hunian hingga bangunan komersial, produksi dalam negeri yang memberi dampak ekonomi dan kecepatan melayani hingga peningkatan kompetensi tenaga ahli. Ini menjadi modal besar kami untuk semakin mendapat tempat positif di benak masyarakat Indonesia,” katanya. (ym)

Labels: IPTEK

Thanks for reading Perkuat Lini Produk AC, Cara LG Dongkrak Market Share. Please share...!

Back To Top