BKIPM Siap Berikan Pelatihan kepada 10.000 UMKM

Bimtek Verifikator Quality Assurance (QA) yang di selenggarakan BKIPM yang direncanakan akan diikuti 10.000 UKM. (Foto: Istimewa)



JAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) menargetkan 10.000 UMKM ikut serta dalam Bimbingan Teknis (Bimtek) Verifikator Quality Assurance (QA). Hal ini sebagai upaya untuk meningkatkan mutu produksi guna bersaing di pasar perikanan global yang ditargetkan bisa mencapai target ekspor 15 Miliar USD.

"BKIPM sebagai unit penjamin mutu (quality assurance), siap mengawal dari sisi pemenuhan mutu atas target produksi program terobosan pembangunan KKP 2021 - 2024 baik perikanan tangkap, maupun budidaya yaitu 20,89 juta dengan target ekspor senilai 15 miliar USD untuk dapat diterima di 171 negara tujuan ekspor," ungkap Hari dalam keterangannya, Jumat (18/3/2022).

Ditambahkannya, untuk mempercepat realisasi pencapaian target, BKIPM juga mendorong terbentuknya sistem kelola penangan mutu yang sesuai standar di pelabuhan pendaratan ikan, kawasan budidaya ataupun kampung budidaya. "Ikan yang ditangkap berbasis kuota secara ramah lingkungan, didaratkan dan ditangani secara higienis, didistribusikan dan diolah sesuai standar mutu dan memenuhi syarat ekspor sesuai dengan prinsip ekonomi biru KKP. Dan BKIPM juga akan memberikan pelatihan kepada 10.000 supplier/UMKM sehingga mampu memproduksi produk perikanan memenuhi syarat mutu berorientasi ekspor," tambahnya.

Sebagai langkah awal, Hari menegaskan akan mendorong Pelabuhan Bitung untuk menjadi pelabuhan percontohan sebagai pelabuhan pendaratan ikan yang higienis, memenuhi persyaratan mutu standar internasional. Sehingga ke depannya Bitung diharapkan siap menerima limpahan produk perikanan yang ditangkap dari wilayah sekitarnya sebagai bagian dari komitmen pengelolaan perikanan tangkap terukur. "Peningkatan pola kerja yang kolaboratif, terintegrasi, responsif dan simplifikasi antar entitas yang terkait untuk saling mendukung, mengisi, melengkapi dalam mewujudkan akselerasi pencapaian target yang telah ditetapkan. Dalam menjalankan fungsi QA ini," katanya.

BKIPM ditambahkan Hari juga bekerja sama dengan lembaga internasional Global Quality and Standard Programme UNIDO (United Nation Industrial Development Organisation) dan Perguruan Tinggi sesuai dengan arahan Menteri Kelautan dan Perikanan. (sd)

Labels: Ekonomi

Thanks for reading BKIPM Siap Berikan Pelatihan kepada 10.000 UMKM. Please share...!

Back To Top