Pendidikan dan Olahraga Jadi Potensi Kerja Sama Indonesia dengan Qatar

Indonesia Qatar Business Council (IQBC) mendukung suksesnya penyelenggaraan FIFA world cup 2022 di Doha, Qatar



JAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- Qatar merupakan negara yang masih berpotensi untuk meningkatkan kerja sama dengan Indonesia. Selain perdagangan dan investasi, pendidikan dan olahraga juga mempunyai prospek yang cukup bagus. Indonesia-Qatar Business Council (IQBC) mengajak berbagai pihak untuk mendorong pengembangan potensi tersebut.

Presiden IQBC Hendra Hartono Turman mengatakan pihaknya terus mendorong peningkatan kerja sama perdagangan dan investasi yang sudah berjalan baik. Di sisi lain, berbagai potensi baru juga perlu dikembangkan, terutama pendidikan dan olahraga. “Ada beberapa hal yang bisa dikembangkan dari pendidikan dan olahraga. Qatar dan Indonesia bisa saling berkolaborasi dalam menguatkan dua bidang tersebut,” kata Hendra, Jumat (25/3/2022).

Menurut Hendra, pendidikan dan olahraga di Qatar cukup berkembang baik. Sejumlah lembaga pendidikan di Qatar sudah banyak melibatkan sekolah atau perguruan tinggi bertaraf internasional. Di sisi lain, banyak perguruan tinggi di Indonesia mempunyai hasil kajian yang cukup banyak sehingga bisa berkolaborasi.

Hal ini dibenarkan oleh Anto Mohsin yang mengajar di Northwestern University, Qatar. Warga Indonesia jebolan Cornell University USA dalam webinar IQBC menegaskan kelebihan-kelebihan kuliah di Northwestern University yang berbasis di Doha Campus, Qatar. Demikian juga dalam bidang olahraga (sport), Qatar merupakan negara dengan banyak peminat untuk sejumlah olahraga dan pada 2022 ini menjadi tuan rumah FIFA World Cup Qatar 2022. Sebaliknya Indonesia mempunyai keunggulan dalam olahraga lain seperti bulu tangkis, climbing, dan beberapa lainnya. “Ini kesempatan terjadinya pertukaran potensi yang bisa jadi meningkatkan kerja sama ekonomi. Apalagi, potensi investasi dari Qatar cukup besar dalam bidang investasi ini,” kata Hendra yang juga Wakil Ketua Kadin Indonesia Bidang Perundingan Perdagangan Internasional.

Amarta Imron, pengurus IQBC yang juga pelaku usaha perlengkapan olahraga mengatakan Qatar merupakan negara di Timur Tengah yang cukup berpotensi untuk berbagai kerja sama olahraga. Demikian juga momentum FIFA World Cup Qatar 2022 sebenarnya ajang untuk promosi dan penjualan berbagai produk dari Indonesia. “Kita bisa memproduksi berbagai peralatan olahraga dan jersey. Qatar menjadi pintu masuk untuk negara-negara di dunia untuk pasar produk dari Indonesia,” ujar Amarta Imron. (sd)

Labels: Ekonomi

Thanks for reading Pendidikan dan Olahraga Jadi Potensi Kerja Sama Indonesia dengan Qatar. Please share...!

Back To Top