Resmi Diluncurkan, Ini Keunggulan Fighter X dan Center Standar Euro 4

PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) resmi meluncurkan 15 varian Canter dan 14 varian Fighter X yang sudah didukung dengan standar Euro 4, Kamis, 24 Maret 2022. (Foto: Istimewa)



JAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) yang merupakan distributor resmi kendaraan niaga Mitsubishi Fuso Truck and Bus Corporation (MFTBC) di Indonesia resmi meluncurkan 29 varian Canter dan Fighter X. Keduanya sudah didukung dengan standar Euro 4.

Sales and Marketing Director KTB Duljatmono memaparkan, mulai April 2022, aturan standar emisi Euro 4 kendaraan diesel berlaku di Indonesia. Sebagai salah satu produsen truk, KTB tentunya menyambut baik kebijakan ini dengan menghadirkan kendaraan yang sudah berstandar Euro 4. Di kelas medium duty truck yang sekarang dinamakan Fighter X, ada 14 varian baru yang dihadirkan. Sementara di kelas light duty truck yang dinamakan Canter (sebelumnya Colt Diesel), ada 15 varian baru, termasuk di dalamnya tiga varian baru yang ditambahkan untuk mengakomodasi kebutuhan usaha. “Terdapat tiga varian baru yang belum ada di line-up sebelumnya yaitu Canter FE 74 HDS untuk kebutuhan heavy duty yang juga mengutamakan kecepatan, Canter FE 84 SHDX dengan volume kargo yang lebih besar, dan Canter FE 84 GS untuk kebutuhan logistik yang membutuhkan tenaga lebih besar,” papar Duljatmono dalam acara peluncuran produk terbaru Mitsubishi Fuso dengan standar Euro 4, Kamis (24/3/2022).

Duljatmono menyampaikan, mesin 4V21 untuk Canter dan mesin 6M60 untuk Fighter X dengan teknologi Common Rail dapat menghasilkan tenaga mesin yang maksimal dan torsi yang lebih tinggi di range RPM yang lebih panjang. Teknologi exhaust gas recirculation, positive crankcase ventilation, dan diesel oxidation catalyst muffler mampu menurunkan kadar emisi NOx (nitrogen oxide), sehingga emisi gas buang kendaraan lebih ramah lingkungan. “Terdapat tiga teknologi utama pada mesin Euro 4, baik Fighter X maupun Canter. Yaitu penggunaan mesin tipe common rail dengan ECU atau electronic control unit, penambahan diesel oxidation catalyst atau DOC, serta penggunaan exhaust gas recirculation atau EGR. Namun, khusus pada mesin Fighter X, kami berikan tambahan teknologi lainnya yaitu variable geometry turbo atau VGT yang berfungsi mengurangi turbo lag pada mesin, sehingga mesin lebih responsif dan memberikan performa lebih baik,” tambah Duljatmono. (ym)

Labels: Otomotif

Thanks for reading Resmi Diluncurkan, Ini Keunggulan Fighter X dan Center Standar Euro 4. Please share...!

Back To Top