Telkomsel Prediksi Layanan Data Naik 9,4% Selama Ramadan dan Idulfitri

Ilustrasi jaringan telekomunikasi



JAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- Pada momen Ramadan dan Idulfitri (Rafi) tahun ini, Telkomsel memperkirakan akan terjadi pergerakan yang cukup signifikan pada traffic komunikasi jika dibandingkan dengan hari normal pada tahun 2022. Traffic layanan data/broadband diprediksi akan tumbuh sebesar 9,4%, serta traffic layanan panggilan suara diproyeksikan mengalami penurunan sebesar 9,3% karena meningkatnya penggunaan layanan data.

“Untuk SMS, traffic-nya dibandingkan hari biasa akan naik sekitar 4,1% karena banyak yang mengirimkan SMS ucapan selamat Lebaran. Tapi kalau dibandingkan Rafi tahun lalu, prediksinya ada penurunan hingga 28%,” kata VP Network Assistance, Security and Operations Center Telkomsel Rahmat Novalianto dalam acara Press Conference Telkomsel Siaga Rafi 2022, Kamis (31/3/2022).

Untuk aktivitas layanan digital masyarakat juga diperkirakan akan meningkat selama Rafi 2022, seperti akses layanan media sosial yang diprediksi tumbuh sekira 7,5%, layanan komunikasi (instant messaging dan video conference) melonjak 21,3%, layanan streaming video meningkat sekira 15,3%, layanan mobile gaming melonjak hingga 34,9%, akses browsing naik 17,8%, serta akses layanan e-commerceyang juga tumbuh sekira 18,4%. Mengantisipasi hal tersebut, Rahmat mengatakan secara keseluruhan proses optimalisasi kualitas, kapasitas, serta pemutakhiran teknologi jaringan Telkomsel akan difokuskan di 500 Point of Interest (POI) di berbagai wilayah Indonesia, yang mencakup 104 area residensial, 4 rumah sakit utama rujukan Covid-19, 56 area transit transportasi utama (bandara, stasiun, terminal dan pelabuhan), 299 area spesial seperti pusat pelayanan publik dan pusat perbelanjaan, 19 area jalur mudik, serta 18 masjid raya.

Telkomsel juga telah melakukan rangkaian uji jaringan, termasuk di jalur mudik dengan jarak tempuh sepanjang 15.371 km, terutama untuk memastikan kualitas dan ketersediaan jaringan yang menjangkau 64 ruas jalan tol utama di seluruh Indonesia. Telkomsel juga telah melakukan upaya penguatan kualitas jaringan dengan melakukan peningkatan kapasitas 155 unit BTS 4G/LTE dan melakukan penambahan sebanyak 284 unit BTS 4G/LTE baru, mengoperasikan tambahan 60 unit Compact Mobile BTS (Combat) seluruh wilayah POI RAFI 2022, melengkapi total lebih dari 255.000 unit BTS Telkomsel yang sebagian besarnya telah didukung teknologi broadband4G/LTE dan menjangkau 96% wilayah populasi di Indonesia.

“Telkomsel sendiri mulai Maret 2022 telah memastikan proses upgrade seluruh jaringan 3G ke 4G/LTE di 504 kota/kabupaten hingga akhir tahun. Proses telah dilakukan secara bertahap, dimulai Maret 2022 ini. Selain itu, untuk kemudahan layanan suara berbasis teknologi 4G/LTE, layanan VoLTE Telkomsel kini sudah tersedia di 514 kota/kabupaten di seluruh Indonesia, dan dapat digunakan di lebih dari 100 tipe smartphone,” ujar Direktur Network Telkomsel Nugroho. (ym)

Labels: IPTEK

Thanks for reading Telkomsel Prediksi Layanan Data Naik 9,4% Selama Ramadan dan Idulfitri. Please share...!

Back To Top