Vakum 2 Tahun, Pameran Produk Kerajinan Inacraft 2022 Digelar

Presiden Joko Widodo berpidato saat membuka pameran The 22nd Jakarta Inacraft di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Rabu, 23 Maret 2022



JAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- Setelah 2 tahun vakum karena pandemi Covid-19, akhirnya International Handicraft Trade Fair (Inacraft) diadakan kembali pada tahun 2022. Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara resmi membuka pagelaran The 22nd Jakarta Inacraft di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Rabu (23/3/2022).

Dalam sambutannya, Jokowi mengucapkan selamat atas penyelenggaraan pameran yang disebut sebagai salah satu pameran produk kerajinan terbesar di Asia Tenggara tersebut. "Pertama-tama saya ingin menyampaikan selamat atas diselenggrakannya kembali Inacraft. Ajang tahun 2022 menampilkan produk-produk kerajinan dengan kualitas baik dari kreasi-kreasi para pengrajin kita," kata Jokowi.

Kepala Negara yang dalam kesempatan tersebut hadir didampingi oleh Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, dan Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki, mengajak seluruh masyarakat untuk mencintai produk-produk dalam negeri. "Saya mengajak masyarakat untuk mencintai produk-produk produksi dalam negeri utamanya produk-produk kerajinan. Ini akan memajukan para pengrajin kita, memajukan UMKM kita," ujar Jokowi.

Dalam acara yang sama, Ketua Umum Asosiasi Eksportir dan Pengusaha Handicraft Indonesia (Asephi), Muchsin Ridjan, mengatakan Inacraft 2022 diselenggarakan berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, terlebih setelah 2 tahun vakum akibat pandemi Covid-19. Inacraft 2022 diselenggarakan secara daring dan luring dengan mengambil tema "From Smart Village to Global Market". Pameran ini diikuti oleh 722 peserta yang terdiri atas 510 peserta individu, 169 peserta binaan dinas, dan 43 peserta binaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN), serta 150 toko daring. Pameran ini akan diselenggarakan pada 23-27 Maret 2022. "Kita melaksanakan pameran hybrid baik online maupun biasa, offline. Jadi kegiatan ini membangkitkan ekonomi nasional lagi bagaimana tahun-tahun yang lalu kita sudah lakukan 21 kali dan ini ke-22. Perbedaannya kalau dulu hanya offline, sekarang online. Kita dengan marketplace, Asephi memiliki marketplace. Kita juga bekerja sama dengan Tokopedia," terang Muchsin Ridjan.

Pada gelaran Inacraft tahun ini, Provinsi Jawa Barat terpilih menjadi ikon pameran dengan menampilkan produk-produk kerajinan unggulan dan kreatif sekaligus mengangkat kesenian dan kebudayaan lokal Jawa Barat dengan tema "Smiling Heritage of West Java".

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berharap kehadiran beragam kerajinan Jawa Barat sebagai ikon paviliun dapat memberikan inspirasi bagi masyarakat. "Kita dikasih tempat di sini dan kita tunjukkan kekayaan, keragaman, kerajinan Jawa Barat dari yang tradisional, modern, rumahan, pabrikan, semua kita hadirkan di sini. Mudah-mudahan menginspirasi tentang kekayaan intelektualitas kreatifitas dari masyarakat Jawa Barat dan saya yakin pasti pada laku, dan kepada para pengunjung silakan datang dan bawa uang sebanyak-banyaknya untuk belanja di Inacraft yang luar biasa," ungkap Ridwan Kamil. (sd)

Labels: Ekonomi

Thanks for reading Vakum 2 Tahun, Pameran Produk Kerajinan Inacraft 2022 Digelar. Please share...!

Back To Top