15 Startup Lolos Seleksi Startup Studio Indonesia Batch Empat

Konferensi pers Startup Studio Indonesia Batch empat yang digelar Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), Senin, 4 April 2022



JAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), mengumumkan 15 startup terpilih untuk mengikuti program inkubasi intensif Startup Studio Indonesia (SSI) batch empat di tahun 2022. Startup Studio Indonesia merupakan program yang bertujuan untuk mendampingi dan membina para startup digital yang sedang berada pada tahap awal (early-stage) agar bisa menemukan product-market fit dan berkembang semakin pesat.

Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kemkominfo, Semuel Abrijani Pangerapan mengatakan, dengan konsep more brainstorming, less classes, Startup Studio Indonesia diharapkan bisa memberikan pembekalan ilmu dan wawasan praktis melalui sesi coaching oleh lebih dari 60 coach dari para praktisi startup aktif dan terkemuka. "Harapannya agar startup early-stage bisa berkembang secara optimal, dan bisa berprestasi seperti para alumni-alumni batch sebelumnya,” kata Semuel Abrijani Pangerapan dalam konferensi pers Startup Studio Indonesia batch empat, Senin (4/4/2022).

Adapun ke-15 startup terpilih tersebut yaitu Transporta (platform logistik untuk perusahaan trucking), Wilov (aplikasi kesehatan wanita holistik), MUFIT (aplikasi pendukung gaya hidup sehat), Envio (platform logistik B2B dan rantai pasok). Allure (aplikasi berbasis kecerdasan buatan yang memberikan rekomendasi produk kesehatan dan kecantikan berdasarkan profil pengguna), Ternaknesia (ekosistem digital bagi peternakan). OkeGarden (platform all-in-one untuk berkebun dan penataan taman), Paygua (solusi pembayaran untuk pelaku bisnis online/offline).

Selanjutnya ada Kendali (digitalisasi layanan publik), Surplus (marketplace makanan untuk mengurangi food waste), Friendchised (marketplace franchise di Indonesia), Seryu (aplikasi logistik untuk pengiriman kargo). Universitas123 (platform edutech untuk perkuliahan), Kibble (aplikasi khusus kebutuhan hewan peliharaan), dan Aksel (platform persiapan karier dan pencarian kerja). Seluruh 15 startup terpilih ini akan mengikuti sesi founder’s camp dan 1-on-1 coaching terkait dengan product-market-fit selama 4 bulan.

Rangkaian program Startup Studio Indonesia kemudian akan ditutup dengan acara puncak milestone day, di mana para startup berkesempatan memaparkan model bisnis dan pencapaiannya di depan para stakeholders industri startup. Dalam tahap 1-on-1 coaching, startup terpilih berkesempatan dibina dan dilatih langsung oleh para fasilitator yang terdiri dari praktisi startup ternama. Diluncurkan pertama kali pada September 2020, melalui program Startup Studio Indonesia (SSI), Kominfo menargetkan untuk mencetak 150 startup digital pada 2024 yang mampu mengembangkan skala bisnisnya, dari segi jumlah pengguna, jumlah pendapatan, penyerapan tenaga kerja, dan pendanaan dari venture capital. Setelah melalui tiga gelombang penyelenggaraan, program inkubasi SSI kini total telah mencetak 50 alumni startup di Indonesia. (ym)

Labels: IPTEK

Thanks for reading 15 Startup Lolos Seleksi Startup Studio Indonesia Batch Empat. Please share...!

Back To Top