AXA Financial Indonesia Raup Laba Bersih Rp 125,9 Miliar

Presiden Direktur AXA Financial Indonesia Niharika Yadav dan Chief Financial Officer AXA Financial Indonesia Bukit Rahardjo dalam acara konferensi pers Paparan Kinerja Bisnis Perseroan Tahun 2021, Rabu, 13 April 2022



JAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- PT AXA Financial Indonesia membukukan laba bersih tahun 2021 mencapai Rp 125,9 triliun atau tumbuh 75% secara tahunan (year on year/yoy). Selain itu, perseroan turut membuktikan komitmennya lewat realisasi pembayaran klaim dan manfaat mencapai Rp 450 miliar.

"AXA Financial Indonesia terus mencatatkan hasil kinerja yang solid di tahun 2021. Kinerja keuangan diperkuat dengan penerapan strategi korporasi yang fokus pada seluruh aspek perusahaan dan pada transformasi," kata Presiden Direktur AXA Financial Indonesia Niharika Yadav, Rabu (13/4/2022).

Dia menuturkan, perusahaan memperkuat strategi dengan membuka akses lebih luas melalui peningkatan layanan, tenaga pemasar, dan karyawan. Dasar-dasar bisnis semakin ditekankan untuk menjangkau area baru, segmen nasabah baru, dengan mambangun kekuatan tenaga pemasar profesional, termasuk dalam rangka memperluas rangkaian produk asuransi jiwa tradisional melalui portal digital. "Terima kasih kepada seluruh pemangku kepentingan atas dukungan dan kepercayaannya kepada AXA Financial Indonesia. Kami berkomitmen untuk terus memperkuat posisi perusahaan dalam memberikan solusi perlindungan, dan menjadi mitra pilihan bagi seluruh karyawan, tenaga penjualan, mitra bisnis, serta nasabah,” ungkap Niharika.

Sementara itu, Chief Financial Officer AXA Financial Indonesia Bukit Rahardjo menyatakan, posisi neraca keuangan perusahaan dijaga kuat meski pandemi Covid-19 masih berlangsung. Total aset mencapai Rp 6,45 triliun dan mempertahankan posisi risk based capital (RBC) sebesar 406%, di atas minimum persyaratan rasio solvabilitas 120% yang diterapkan oleh OJK. "Pada 2021, perusahaan membukukan mencatat total laba bersih sebesar Rp 125,9 miliar, ini adalah kenaikan 75% dari tahun lalu, dimana tahun lalu kita membukukan laba bersih Rp 71,8 miliar. Ini merupakan suatu bukti bahwa AXA Financial Indonesia memiliki kondisi keuangan yang cukup kuat," kata Bukit.

Dia menjelaskan, kinerja positif ini didorong oleh pembaruan (renewal) polis dan persistensi nasabah yang kuat sehingga premi berhasil dibukukan tumbuh tipis menjadi Rp 1,32 triliun. Pencapaian itu turut didukung keberhasilan perusahaan dalam manajemen risiko dan efisiensi biaya. Sedangkan menyangkut unit usaha syariah (UUS), perusahaan mampu mempertahankan pendapatan premi yang stabil sebesar Rp 2,5 miliar dan RBC sebesar 9.431%. AXA Financial Indonesia mencatat telah membayarkan total klaim sebesar Rp 450 miliar. Sebesar Rp 167,5 miliar diantaranya merupakan klaim terkait Covid-19 sebagai komitmen perusahaan untuk memberikan perlindungan lebih kepada nasabah di tengah situasi pandemi. "Ini menjadi bukti dan komitmen kami untuk juga terus memberikan proteksi kepada lebih banyak nasabah-nasabah baru. Lebih baik lagi adalah Rp 167,5 miliar dari klaim yang dibayarkan merupakan atau manfaat terkait dengan Covid-19," ujar Bukit.

Lebih lanjut, sebagai bagian dari kelanjutan strategi perusahaan payer to partner, AXA Financial Indonesia juga melakukan berbagai inisiatif bagi nasabah. Pada tahun 2021 AXA Financial Indonesia meluncurkan Emma, platform digital untuk asuransi dalam memberikan kemudahan akses pada fungsi-fungsi penting pengelolaan polis dan layanan kesehatan.

Menurut Bukit, layanan digital telah menjadi penting dalam memenuhi kebutuhan nasabah untuk tetap terhubung dengan perusahaan asuransi kapanpun dibutuhkan. Hal ini menjadi dasar bagi AXA untuk mengembangkan portal digital nasabah, Emma, yang memberikan kemudahan akses bagi nasabah untuk mengelola polisnya. AXA Financial Indonesia juga memperluas rangkaian produk mulai dari produk asuransi kesehatan hingga asuransi jiwa tradisional. Untuk memperluas akses kepada nasabah, AXA Financial Indonesia memperkuat kemitraan dengan Good Doctor sebagai mitra layanan kesehatan digital sekaligus saluran distribusi alternatif dalam menyediakan produk asuransi kesehatan. Untuk mempertahankan kuatnya jalur distribusi, selama tahun 2021, AXA Financial Indonesia tetap aktif merekrut agen baru sebanyak lebih dari 1.800 agen sehingga total agen aktif adalah 5.000 agen. Sedangkan untuk menjaga kelangsungan usaha selama masa pandemi, perusahaan memberikan program kesehatan bagi karyawan dan untuk mendukung program pemerintah dengan melakukan vaksinasi kepada seluruh karyawan dan keluarganya. (ym)

Labels: Ekonomi

Thanks for reading AXA Financial Indonesia Raup Laba Bersih Rp 125,9 Miliar. Please share...!

Back To Top