Digidata Kembangkan Digitalisasi Layanan BPR dan Koperasi

Digidata memperkenalkan NeoDigi sebagai salah satu layanan yang mempermudah digitalisasi BPR ataupun koperasi



JAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- BPR (Bank Perkreditan Rakyat) dan koperasi merupakan salah satu sektor di industri keuangan yang mendukung perekonomian di daerah.

COO dari Digidata, Rionald A Soerjanto, mengatakan, peran koperasi dan BPR menjadi sangat penting dalam memenuhi kebutuhan masyarakat daerah yang terus meningkat terutama di tengah situasi pandemi Covid-19. "Akan tetapi, tantangan digital yang harus dihadapi oleh lembaga jasa keuangan, termasuk BPR dan koperasi juga semakin besar," kata Rionald, Rabu (20/4/2022).

Melihat hal tersebut, kata Rionald, dukungan terhadap digitalisasi BPR dan koperasi telah menjadi keharusan yang dilakukan oleh berbagai pihak. "Tujuannya, memberikan akses yang lebih mudah kepada masyarakat untuk dapat melakukan transaksi keuangan dengan mudah, cepat, aman, kapanpun, dan dimanapun mereka berada," tandasnya.

Rionald mengatakan, dalam rangka meningkatkan kepedulian terhadap digitalisasi di lembaga jasa keuangan, PT Digital Data Teknologi Terdepan berkesempatan mendukung digitalisasi BPR dan koperasi, melalui pelatihan yang diadakan oleh BPR Sukawati Pancakanti atau akrab disebut BPR Kanti. "Di acara pelatihan ini, Digidata berkesempatan memperkenalkan NeoDigi sebagai salah satu layanan yang dapat mempermudah BPR ataupun koperasi dalam menjalankan digitalisasi perusahaan," imbuhnya.

Rionald menjelaskan, NeoDigi memiliki konsep ekosistem end-to-end layanan digital yang disediakan dalam satu aplikasi dan dapat dengan mudah diakses dimana saja. Layanan digital yang ditawarkan dalam platform NeoDigi dimulai dari proses onboarding yaitu E-KYC dan Liveness termasuk platform online lending yang disediakan oleh Digidata, kemudian proses scoring dari VICI Score yang apabila sudah disetujui dapat dilanjutkan dengan tanda tangan digital serta e-meterai yang dikeluarkan oleh T├ękenAja!. Proses terakhir yang ditawarkan yaitu berupa disbursement yang membantu menentukan dalam payment schedule, installment amount dan VA number. NeoDigi akan membantu BPR ataupun Koperasi dalam proses transaksi hingga ke proses lending yang dilakukan secara digital bagi nasabahnya. "Suatu kebanggaan karya anak bangsa bisa menjadi jawaban digitalisasi bagi BPR dan koperasi. Dengan adanya NeoDigi diharapkan dapat membangun suatu ekosistem bagi para pelaku di sektor industri keuangan. Ekosistem yang diciptakan akan menghasilkan hubungan yang saling menguntungkan baik bagi BPR ataupun pihak koperasi dan UMKM," pungkas Rionald. (sd)

Labels: Ekonomi

Thanks for reading Digidata Kembangkan Digitalisasi Layanan BPR dan Koperasi. Please share...!

Back To Top