PIP Gandeng Dwi Optima Selaras Bantu Pelaku UMKM

Direktur Utama Badan Layanan Umum Pusat Investasi Pemerintah (PIP) Ririn Kadariyah dan Direktur Utama PT Dwi Optima Selaras Nurkholis, saat penandatanganan kerja sama di kantor BLU-PIP, Jakarta Pusat, Selasa, 12 April 2022



JAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- Pusat Investasi Pemerintah (PIP) Kementerian Keuangan (Kemenkeu), menggandeng PT Dwi Optima Selaras untuk membantu pelaku UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) di Indonesia. PT Dwi Optima Selaras atau CHOOP adalah Automation WhatsApp Catalogue Commerce yang beberapa waktu lalu diluncurkan di Bali. CHOOP menghadirkan sarana pemesanan online berbagai kebutuhan keseharian masyarakat dan bertekad membantu UMKM dalam memasarkan produknya.

Direktur Utama Badan Layanan Umum PIP, Ririn Kadariyah, mengatakan, dengan adanya kerja sama ini diharapkan dapat memberikan pelayanan prima serta membantu para UMKM di Indonesia mengembangkan usaha dan mempromosikan produknya dengan platform digital yang tersedia untuk menjangkau pasar yang lebih luas. "Kami optimistis, platform ini dapat menjembatani agar ultra mikro atau UMi dapat berkembang. Banyak sekali tantangan ke depan dan dengan inovasi dari anak muda ini kami harapkan dapat menjangkau pelaku usaha yang paling bawah karena tugas kami di sini bukan hanya masalah pembiayaan saja tetapi juga tumbuh kembang UMKM,” ujar Ririn Kadariyah, Selasa (12/4/2022).

Kerja sama ini merupakan upaya BLU-PIP dalam mendukung perluasan penyaluran, peningkatan kapasitas pelaku usaha mikro, penguatan ekosistem pembiayaan UMi, keandalan data UMKM serta implementasi pencairan pembiayaan melalui uang elektronik (UE) untuk meningkatkan ketepatan sasaran penyaluran, mendukung inklusi keuangan serta Gerakan Nasional Non Tunai. Dalam hal ini, kerja sama tersebut memiliki misi untuk mengoptimalkan pelaksanaan program pembiayaan ultra mikro melalui penyelenggaraan pendampingan, penyelenggaraan pelatihan bagi pendamping dan pelaku usaha mikro, penyediaan platform digital, data analytics, serta penyelenggaraan kegiatan.

"Kami berterima kasih atas kepercayaan dan amanah yang diberikan PIP kepada Dwi Optima Selaras. Kedepannya, kami akan memberikan pelayanan yang terbaik untuk mencapai visi misi bersama dalam pengoptimalisasi UMKM," kata Direktur Utama PT Dwi Optima Selaras, Nurkholis.

Nurkholis menjelaskan, PT Dwi Optima Selaras berperan sebagai penyedia solusi digital untuk melakukan monitoring transaksi usaha dan jalur distribusi produk UMKM dan/atau pengelolaan pembiayaan Ultra Mikro dan pelaksana kegiatan. Solusi digital yang disediakan akan membantu para debitur UMi untuk memasarkan produknya secara online, dengan proses transaksi mulai dari pemesanan, pembayaran hingga pengiriman dengan menggunakan automation messaging platform. Platform ini juga menyediakan dashboard untuk melihat hasil transaksi penjualan produk. "Selain itu, Pusat Investasi Pemerintah dan PT Dwi Optima Selaras akan bekerja sama untuk memberikan pendampingan kepada para debitur UMi melalui tim yang ditempatkan di setiap daerah," jelasnya.

Tujuannya, kata Nurkholis, agar menjalin hubungan yang baik satu sama lain sehingga usaha yang sedang dijalankan oleh para debitur UMi dapat terpantu dengan jelas setiap perkembangannya. "UMKM di Indonesia sangat penting untuk diperhatikan karena salah satu jalan memperkenalkan kearifan lokal melalui produk UMKM dan kami sangat yakin dengan tujuan program dari PIP karena hal tersebut seirama dengan visi dan misi kami yang mengedepankan transaksi nontunai menggunakan solusi digital yang kami sediakan,” kata Nurkholis. (sd)

Labels: Ekonomi

Thanks for reading PIP Gandeng Dwi Optima Selaras Bantu Pelaku UMKM. Please share...!

Back To Top