Intip Tren di Tokopedia Selama Ramadan dan Lebaran 2022

Media gathering virtual, Kamis (12/5/2022)



JAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- Ramadan dan Lebaran selalu menjadi momen yang ditunggu oleh banyak masyarakat, tak terkecuali pelaku bisnis. Mengutip data Populix dalam laporan riset Embracing Ramadan 2022, Ramadan menjadikan masyarakat memiliki beberapa kebiasaan belanja yang berbeda seperti mempersiapkan stok makanan dan minuman, berbelanja pakaian, maupun berbagai perlengkapan ibadah. Meningkatnya daya beli konsumen ini tentu berpengaruh pada tingkat penjualan para pelaku usaha. Di platform belanja Tokopedia contohnya, penjualan perlengkapan ibadah melonjak hampir 4 kali lipat. Kerudung, gamis dan peci menjadi beberapa produk fesyen muslim paling banyak diburu masyarakat. Selama Ramadan 2022, masyarakat juga telah memenuhi berbagai kebutuhan melalui Tokopedia Ramadan Ekstra dan banyak kampanye lainnya. Hal ini mendorong Makanan dan Minuman (makmin), Fesyen dan Rumah Tangga menjadi kategori favorit masyarakat.

“Madu, kue kering dan kopi adalah produk makmin terlaris di Tokopedia Nyam!. Sedangkan mie instan jadi menu penyelamat sahur favorit di Tokopedia NOW!,” ungkap Head of External Communications Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya dalam media gathering virtual, Kamis (12/5/2022).

Menurut Ekhel, berbelanja online masih menjadi alternatif masyarakat untuk memenuhi segala kebutuhan dan di saat yang bersamaan dapat mengurangi penyebaran virus Covid-19.

Pipiltin Cocoa, besutan Tissa Aunilla dan Irvan Helmi, merupakan contoh UMKM lokal yang memanfaatkan momen Ramadan dan Lebaran untuk mendongkrak penjualan. Bisnis mereka memberdayakan lebih dari 2.000 petani cokelat lokal dari Aceh hingga Papua. “Penjualan Pipiltin Cocoa meningkat lebih dari 3 kali lipat berkat kampanye Tokopedia Parsel Ramadan,” ungkap Tissa dan Irvan.

Berkaitan dengan tren saling mengirim parsel, jenis parsel yang kerap dikirim masyarakat lewat Tokopedia Parsel Ramadan adalah kue kering, perlengkapan ibadah dan perawatan tubuh. Jarak terjauh untuk pengiriman parsel adalah dari Pekanbaru ke Jayapura. Di sisi lain, animo masyarakat dalam berbagi serta beribadah dari rumah selama Ramadan pun terus meningkat. Terkumpul lebih dari Rp15 miliar dari donasi, zakat, wakaf dan fidyah di Tokopedia.

"Untuk penyalurannya kami bekerjasama dengan lembaga kemanusiaan terdaftar seperti Baznas, Rumah Zakat, Rumah Yatim, Dompet Dhuafa. Kami transpran, semua pengguna dapat mengecek laporannya yang tersedia di halaman Kotak Amal Tokopedia," tutur Ekhel. (ym)

Labels: Ekonomi

Thanks for reading Intip Tren di Tokopedia Selama Ramadan dan Lebaran 2022. Please share...!

Back To Top