Telkom Tebar Dividen Rp 14,86 Triliun, 60% dari Laba Bersih

Direktur Utama Telkom Ririek Adriansyah dalam sesi panelis hari kedua Inception Meeting B20 Indonesia



JAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- PT Telkom Indonesia Tbk (TLKM) memutuskan akan membagi dividen Rp14,86 triliun atau Rp149,97 per lembar kepada para pemegang saham. Jumlah dividen yang dibagikan tersebut, mencerminkan sebesar 60% dari perolehan laba bersih tahun buku 2021 (dividend payout ratio).

Direktur Utama Telkom, Ririek Adriansyah mengatakan, pembayaran dividen kepada pemegang saham akan dilakukan selambatnya tanggal 1 Juli 2022. "Pemegang saham Telkom yang berhak mendapat dividen adalah mereka yang terdaftar sebagai pemegang saham pada penutupan perdagangan saham TLKM pada tanggal 9 Juni 2022," ujar Ririek, Jumat (27/5/2022).

Selain dividen, pemegang saham juga memutuskan untuk mengalokasikan sisa laba bersih sebesar Rp 9,90 triliun sebagai laba ditahan atau mencerminkan sebesar 40% dari total laba bersih Telkom tahun 2021. Di mana, laba ditahan akan digunakan untuk pengembangan usaha perseroan maupun anak-anak usaha di bidang digital connectivity, digital platform, digital services, data centre dan peningkatan kapabilitas data cloud. "Kami akan jalankan seluruh program Telkom dengan baik sehingga memberikan manfaat untuk menjadikan Indonesia lebih baik lagi,” papar Ririek.

Telkom seperti diketahui mencetak rekor baru dalam lima tahun terakhir. Perusahaan pelat merah tersebut berhasil mengantongi laba bersih sebesar Rp 24,76 triliun pada 2021 atau naik 19,01% dibandingkan tahun 2020.

Di sisi lain, Ririek menambahkan, untuk meningkatkan kinerja tahun 2022, tahun ini Telkom mengalokasikan belanja modal atau capital expenditure (capex) sebesar 25% dari target revenue tahun 2022 atau sebesar Rp 40 triliun. "Hingga kuartal I 2022, realisasi belanja modal baru mencapai Rp 6 triliun atau sekitar 16% dari rencana kerja Telkom tahun ini. Namun, kuartal I merupakan periode melakukan komprehensif planning terhadap capex yang akan kita gunakan selama tahun yang berjalan. Kita harapkan akan terjadi akselerasi mulai di kuartal II sampai akhirnya bisa kita selesaikan seluruh program tahun ini,” kata Ririek. (sd)

Labels: Ekonomi

Thanks for reading Telkom Tebar Dividen Rp 14,86 Triliun, 60% dari Laba Bersih. Please share...!

Back To Top