Allianz Life Bukukan Premi Rp 3,8 Triliun di Kuartal I 2022

Director and Chief Financial Officer Allianz Life Indonesia Edwin Prayitno, Country Manager and Direktur Utama Allianz Life Indonesia David Nolan, Business Director Allianz Life Indonesia Bianto Surodjo, di acara konferensi pers Kinerja Keuangan Allianz Life Indonesia, 29 Juni 2022



JAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- PT Asuransi Allianz Life Indonesia (Allianz Life Indonesia) membukukan pendapatan premi bruto atau gross written premium (GWP) sebesar Rp 3,8 triliun pada kuartal I 2022. Perseroan juga membuktikan komitmennya dengan membayarkan klaim asuransi sebesar Rp 2,8 triliun.

Country Manager dan Direktur Utama Allianz Life Indonesia David Nolan mengatakan, pihaknya berkomitmen untuk merealisasikan tujuannya melindungi lebih banyak masyarakat Indonesia. Bisnis dan operasional perusahaan dijalankan sesuai dengan pilar-pilar strategis dalam hal pertumbuhan, kualitas, dan pengalaman. "Dalam melalui masa-masa menantang selama dua tahun terakhir, kami senantiasa mengedepankan keamanan dan kesehatan seluruh karyawan, memastikan solusi dan layanan yang sesuai kebutuhan nasabah serta mitra bisnis, serta mempertahankan kinerja bisnis,” kata David, Rabu (29/6/2022).

Nolan bilang, saat ini dunia sedang dihadapkan pada banyak tantangan dan volatilitas karena tingkat inflasi di beberapa negara maju, kendala supply chain akibat invasi Rusia ke Ukraina, dan pandemi yang belum usai. Namun demikian, pihaknya meyakini imbas yang dirasakan perseroan hanya akan terjadi dalam jangka pendek. Apalagi memandang bahwa penetrasi asuransi jiwa di Indonesia masih rendah yakni sekitar 3%. "Indonesia ini pertumbuhan ekonominya tetap terjaga dengan pertumbuhan lebih dari 5%. Indonesia punya pertumbuhan ekonomi organik, tidak selalu tergantung pada ekspor, kelas menengah juga baik, dan lainnya," kata David.

Hasilnya, dalam tiga bulan pertama pada tahun ini pendapatan premi dari Allianz Life cenderung menyusut menjadi Rp 3,8 triliun. Namun perseroan menjadi market leader dalam hal weighted new business premium (WNBP) dengan pertumbuhan sebesar 11% dan market share 12% di akhir 2021. Pencapaian ini berlanjut hingga kuartal I 2022, Allianz Life Indonesia masih terdepan dengan market share WNBP sebesar 10,6%

Director and Chief Financial Officer Allianz Life Indonesia Edwin Prayitno menyampaikan bahwa pendapatan premi tersebut masih menunjukkan tingginya minat masyarakat untuk mendapatkan perlindungan asuransi dari Allianz Life. Selain itu, sambung dia, perseroan juga membuktikan komitmennya kepada nasabah melalui klaim yang dibayarkan mencapai Rp 2,8 triliun sepanjang kuartal I-2022, terhadap 73 kasus klaim. "Dari total aset perusahaan mengalami pertumbuhan dari Rp 40 triliun menjadi Rp 42 triliun. Risk based capital (RBC) lebih dari tiga kali lipat dari minimal ketentuan 120%. Kami masih memiliki ruang untuk terus berinvestasi meningkatkan pelayanan dan berkomitmen kepada nasabah," ungkap Edwin.

Dia bilang, pemulihan ekonomi membawa harapan baik bagi bisnis di tahun 2021. Dengan penerapan strategi yang tepat, kompetensi dan kerja sama tim yang solid, Allianz Life Indonesia mewujudkan komitmen untuk memenuhi kebutuhan asuransi nasabah. Karena masa pandemi masih terus berlangsung, perseroan masih menghadapi banyak dampak dan ketidakpastian. "Kami mengandalkan performa tim yang kuat dan pemanfaatan teknologi serta digitalisasi secara optimal, untuk dapat terus meningkatkan akses dan kualitas solusi dan layanan asuransi yang dibutuhkan nasabah," jelas Edwin. (sd)

Labels: Ekonomi

Thanks for reading Allianz Life Bukukan Premi Rp 3,8 Triliun di Kuartal I 2022. Please share...!

Back To Top