BEI Resmikan Gedung Baru Kantor Perwakilan Jawa Timur

(Ki-Ka) Indah Kurnia, Anggota Komisi XI DPR RI, Inarno Djajadi, Direktur Utama PT Bursa Efek Indonesia, Hoesen, Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal Otoritas Jasa Keuangan



SURABAYA (IndonesiaTerkini.com)- Sebagai upaya memperdalam pemahaman masyarakat terhadap pasar modal serta meningkatkan jumlah maupun keaktifan investor di pasar modal, khususnya di Provinsi Jawa Timur, PT Bursa Efek Indonesia (BEI) meresmikan gedung baru Kantor Perwakilan BEI Jawa Timur yang berlokasi di Jalan Kusuma Bangsa No.19, Surabaya pada Senin (27/6/2022). Gedung Kantor Perwakilan BEI Jawa Timur ini diresmikan oleh Anggota Dewan Komisioner sekaligus Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Hoesen, Direktur Utama BEI Inarno Djajadi, dan Anggota Komisi XI DPR RI Indah Kurnia, serta dihadiri oleh Kepala OJK Kantor Regional 4 Jawa Timur Bambang Mukti Riyadi, Komisaris BEI, Direksi Self-Regulatory Organization (SRO), sekaligus perwakilan dari Emiten, Anggota Bursa, dan Pelaku Industri Jasa Keuangan di Jawa Timur. 

Direktur Utama BEI Inarno Djajadi mengatakan, peresmian gedung Kantor Perwakilan BEI Jawa Timur ini merupakan bukti komitmen BEI dalam mengembangkan pasar modal di Provinsi Jawa Timur. Diharapkan akan banyak masyarakat di Jawa Timur yang memanfaatkan pasar modal sebagai sarana investasi dan pembiayaan. Hal ini seiring dengan pesatnya pertumbuhan ekonomi di Provinsi Jawa Timur dan bertambahnya jumlah investor pasar modal di Jawa Timur yang saat ini berjumlah 1.173.147 Single Investor Identification (SID) (berdasarkan data PT Kustodian Sentral Efek Indonesia per Mei 2022). "Kita mempunyai kantor perwakilan yang terindah di seluruh Indonesia. Dengan adanya kantor baru ini BEI mentargetkan semakin banyak emiten yang bisa melantai di bursa, minimal 10 persen dari 800 emiten," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Hoesen mengungkapkan, keberadaan kantor perwakilan BEI termasuk di Surabaya bertujuan untuk mengedukasi dan sosialisasi terhadap emiten, calon emiten maupun investor. "Harapannya kedepan hampir semua perusahaan bisa mengenal pasar modal. Edukasi ini sangat penting, itu merupakan bagian dari pendalaman pasar modal. Inilah yang butuh tempat dan infrastruktur, dimana sosialisasi dan edukasi ini akan menjadi tujuan kegiatan utama kantor perwakilan. Makanya tadi juga disediakan tempat bagi Asosiasi Emiten disini," ujarnya. 

Menurut Hoesen, perusahaan-perusahaan yang belum mengenal pasar modal bisa berdiskusi dan berkonsultasi bagaimana mereka menjadi perusahaan publik. "Atau bagaimana mereka bisa menggunakan dana publik untuk pengembangan perusahaannya. Karena disamping IPO, dia juga bisa menawarkan obligasi. Ada beberapa instrumen yang bisa dimanfaatkan mereka untuk pengembangan perusahaan," ungkapnya.

Pada kesempatan itu, Anggota Komisi XI DPR RI Indah Kurnia menyampaikan apresiasinya terhadap keberadaan kantor perwakilan BEI Jawa Timur. "Saya menyebut kantor ini indah. Tentu saja yang paling penting adalah manfaatnya. Tadi Pak In sempat menyampaikan disini akan ada sekretariat dari Asosiasi Emiten Indonesia. Di Jawa Timur ada 42 emiten, ini kalau nanti berkembang terus dan ada tempat berkantor," jelasnya.

Kantor Perwakilan BEI Jawa Timur merupakan salah satu dari 30 Kantor Perwakilan BEI yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia, dari Aceh hingga Papua. Di wilayah Jawa Timur saat ini terdapat 50 kantor Anggota Bursa, 42 Perusahaan Tercatat, serta 78 Galeri Investasi BEI yang terdiri dari Galeri Investasi konvensional, Galeri Investasi Syariah, Galeri Investasi Digital dan Galeri Investasi Edukasi. Selain itu jumlah Single Investor Identification SID di Jawa Timur hingga Mei 2022 mencapai 1,173 Juta.

Kantor Perwakilan BEI Jawa Timur sangat aktif melakukan kegiatan sosialisasi dan edukasi pasar modal, baik secara online maupun offline, serta dapat menerima permintaan kunjungan dari umum pada Senin hingga Jumat dengan jam operasional selama masa pandemi dari pukul 08.00 hingga 16.00 WIB. (dri)

Labels: Ekonomi

Thanks for reading BEI Resmikan Gedung Baru Kantor Perwakilan Jawa Timur. Please share...!

Back To Top