Bentuk Smart Eco City, Jababeka Libatkan Partisipasi Publik

PT Jababeka Tbk menyelenggarakan acara penghargaan pemenang Jababeka Eco Award 2022, di Kawasan Jababeka, Cikarang, Selasa 21 Juni 2022



JAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- PT Jababeka Tbk (KIJA) menyelenggarakan acara penghargaan pemenang Jababeka Eco Award 2022, di Kawasan Jababeka, Cikarang, Bekasi, Selasa, (21/6/2022). Jababeka Eco Award merupakan ajang lomba kebersihan untuk mengapresiasi pencapaian rukun warga (RW) yang mampu meningkatkan kualitas lingkungan di sekitar kawasan Jababeka-Cikarang dan berdedikasi dalam mewujudkan Smart Eco City.

“Dari 29 RW yang ikut serta dalam Jababeka Eco Award 2022, kami mendapatkan feedback baik. Setiap RW mau mengidentifikasi masalah lingkungan di tempat mereka, lalu mengatasi persoalan tersebut. Hasilnya, menurut laporan, lingkungan di desa-desa di sekitar Kawasan Jababeka sekarang makin bersih dan mampu mereduksi permasalahan sampah,” kata Direktur PT Jababeka Tbk Suteja Sidarta Darmono, Kamis (23/6/2022).

Menurut Suteja, penyelenggaraan Jababeka Eco Award ini merupakan penghargaan atas keberhasilan masyarakat di sekitar kawasan Jababeka yang mampu mendorong partisipasi warga dalam mengatasi permasalahan lingkungan. "Ini sebuah langkah awal yang baik. Karena tujuan ajang ini ialah Jababeka dengan masyarakat sekitar kawasan bisa bersama-sama menjaga lingkungan dan mewujudkan Smart Eco City. Dan itu sudah terlihat (peningkatan kualitas lingkungannya)," terang Suteja, yang juga menjabat sebagai presiden direktur PT Graha Buana Cikarang.

Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan, memberikan apresiasi Jababeka yang telah menyelenggarakan Jababeka Eco Award dengan lancar. Ia mendukung kawasan Jababeka yang mewujudkan Smart Eco City seperti di Singapura. Dani Ramdan yakin hal itu tak butuh waktu lama karena progres yang ada saat ini sudah menuju ke sana. "Jika kita lihat gambar (di backdrop) ini, memang ini foto di Singapura. Tapi kalau kita jalan-jalan ke Jababeka sudah nggak beda jauh ini. Suasananya sudah seperti ini. Karena inspirasinya ingin mencapai standar Singapura: baik fisik dan sosial budaya, yaitu bersih, rapi dan indah. Jababeka sudah memiliki itu,” kata Dani Ramdan.

Dani Ramdan berpesan untuk masyarakat sekitar kawasan Jababeka agar mempertahankan kebersihan lingkungan yang sudah dihasilkan dari program Jababeka Eco Award. "Kabupaten Bekasi akan mengikuti jejak Jababeka untuk menyelenggarakan lomba "kampung bersih" seluruh RW se-Kabupaten Bekasi," kata dia.

Lomba kebersihan ini diikuti 29 RW di sekitar Kawasan Jababeka yaitu Kecamatan Cikarang Utara, Cikarang Timur, Cikarang Pusat dan terdiri dari lima desa, yaitu Desa Mekar Mukti, Desa Simpangan, Desa Jatireja, Desa Serta Jaya, dan Desa Jaya Mukti. Dari penilaian yang dilakukan tim Jababeka dan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bekasi dengan indikator yaitu kebersihan, kerapian, kehijauan, dinobatkan pemenang Jababeka Eco Award 2022 adalah RW 08 dari Desa Serta Jaya sebagai Juara 1, RW 07 dari Desa Serta Jaya sebagai Juara 2, dan RW 10 dari Desa Jaya Mukti sebagai Juara 3. (sd)

Labels: Ekonomi

Thanks for reading Bentuk Smart Eco City, Jababeka Libatkan Partisipasi Publik. Please share...!

Back To Top