Ini Cara Manfaatkan Youtube Shorts untuk Dongkrak Penjualan

Entrepreneur muda pemilik Cakeology Sonia Basil (kiri atas), desainer dan konten kreator pemilik Vezzo Studio Christie Basil (kanan atas), konten kreator dan pemilik bisnis Menantea Jerome Polin (bawah) dalam acara kampanye #SambilCuan yang digelar Youtube Indonesia, 27 Juni 2022



JAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- Youtube Shorts saat ini tidak hanya menjadi platform untuk mencari hiburan. Lebih dari itu, banyak juga yang memanfaatkan Youtube Shorts untuk menunjang usahanya.

Seperti yang dilakukan Jerome Polin, Christie Basil dan Sonia Basil, konten kreator dengan ratusan ribu hingga jutaan pengikut atau followers yang juga sukses membangun bisnis di usia muda. Bahkan pemanfaatan Youtube Shorts bisa meningkatkan penjualan mereka 4 hingga 5 kali lipat. Konten edutainment menjadi fokus mereka saat ini. Meski dunia usaha yang mereka geluti berbeda, namun mereka selalu mengedepankan konten yang real, apa adanya dan memperlihatkan berbagai tantangan yang mereka hadapi selama menjalani bisnis masing-masing. Christie dikenal dengan konten desainer gaun pengantin yang sering kali membagikan kisah seru lewat YouTube Shorts di balik pembuatan gaunnya, Sonia kerap menceritakan perjalanan membuat berbagai kue uniknya, sementara Jerome Polin yang dikenal dengan konten edukasinya saat ia berkuliah di Jepang, kini mendirikan bisnis miliknya pribadi yaitu Menantea.

"YouTube Shorts jadi cara kita untuk ceritain serta mengedukasi para penonton kita untuk mengetahui proses penggarapan, butuh waktu berapa lama serta kesulitan apa yang dihadapi. Apalagi pembuatan kue custom itu beda banget, tidak seperti kita beli kue jadi di toko langsung. Maka itu aku rekam semua prosesnya, aku rekam semua dari awal sampai akhir," cerita Sonia di acara kampanye #SambilCuan yang digelar Youtube Indonesia, Senin (27/6/2022).

Menurut Sonia, respons penonton di YouTube Shorts juga beragam. "Tapi dari komen serta interaksi yang mereka berikan, kita jadi tahu dan ikut senang ternyata konten kita selama ini memberikan banyak inspirasi serta menghibur mereka,” imbuhnya.

Lewat konsistensinya mengunggah konten menarik di YouTube Shorts, mereka pun berhasil terhubung dengan lebih banyak calon klien dari berbagai daerah hingga ke mancanegara yang tertarik dengan gaun rancangan serta kue dekorasi yang mereka pasarkan.

“Kita berdua mulai Youtube Shorts sejak tahun lalu, peningkatan penjualan kami langsung terasa hingga 4-5 kali lipat dibandingkan sebelumnya. Ini sebuah profit yang tak disangka, namun tentunya dibarengi dengan tantangan yang terus bermunculan. Salah satunya untuk terus mendapatkan kepercayaan dari para konsumen kita,” tambah Christie.

Christie dan Sonia pun menyarankan kepada para pelaku bisnis muda yang masih berproses menjalankan bisnisnya untuk terus mengeksplorasi dan belajar untuk terus menjadi lebih baik lagi. Salah satunya, dengan memanfaatkan secara maksimal platform Youtube Shorts. “Be a good listener, karena dari situ kita bisa terus belajar dari orang lain, dari situ kita bisa tahu what next, what our passion. Dari menjadi pendengar yang baik, kita bisa belajar banyak hal, dan memperjelas arah bisnis serta tujuan kita mau kemana. Ini juga berlaku untuk menghadapi para klien kami, jadi kami pun tahu solusi apa yang harus diberikan,” ungkap Sonia.

Jerome Polin juga membagikan tip bagaimana memanfaatkan platform digital termasuk YouTube Shorts untuk mempromosikan usahanya. "Tiga hal yang saya pelajari sebagai kreator untuk mempromosikan bisnis adalah orang saat ini menggunakan banyak jenis perangkat, kedua harus lebih sering menciptakan interaksi yang bermakna dengan mempermudah orang untuk menghubungi dan mendapatkan bantuan. Dan yang terakhir adalah bangun hubungan dengan orang melalui cerita yang relevan,” kata Jerome. (ym)

Labels: IPTEK

Thanks for reading Ini Cara Manfaatkan Youtube Shorts untuk Dongkrak Penjualan. Please share...!

Back To Top