Kini Beli Tiket KRL Bisa Lewat Gojek

Guna mempermudah mobilitas masyarakat, Gojek dan PT Kereta Commuter Indonesia (PT KCI) berkolaborasi menghadirkan fitur Gotransit. Fitur ini memungkinkan masyarakat untuk membeli tiket KRL Commuter Line di aplikasi Gojek



JAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- Guna mempermudah mobilitas masyarakat, Gojek dan PT Kereta Commuter Indonesia (PT KCI) berkolaborasi menghadirkan fitur Gotransit. Fitur ini memungkinkan masyarakat untuk membeli tiket KRL Commuter Line di aplikasi Gojek.

Direktur Goto sekaligus Head of Indonesia Sales & Ops Gojek Catherine Hindra Sutjahyo menjelaskan, fitur Gotransit memudahkan pengguna untuk merencanakan perjalanan dari titik keberangkatan awal hingga tujuan akhir secara lebih efisien dalam satu platform, yang dirancang sebagai layanan penghubung awal dan akhir perjalanan (First Mile-Last Mile) guna melengkapi moda transportasi publik. "Berdasarkan data kami 50% atau satu dari dua pengguna Gojek (Goride dan Gocar), menuju atau dari stasiun. Dan paling ramai ada 11 stasiun. Adanya Gotransit ini diharapkan mampu meningkatkan kenyamanan dan loyalitas pengguna, bahkan menarik minat masyarakat untuk menggunakan transportasi publik khususnya KRL Commuter Line," ujarnya dalam konferensi pers Peluncuran Gotransit di Stasiun Juanda, Jakarta, Rabu (22/06/2022).

Untuk menggunakan fitur ini, pengguna cukup membuka aplikasi Gojek dan klik fitur Gotransit. Klik beli tiket di banner, pilih stasiun asal dan stasiun tujuan, pilih tiket KRL dan lakukan pembayaran melalui Gopay atau Linkaja. Kemudian lengguna akan mendapatkan kode QR untuk dapat melakukan tap-in pada waktu keluar dan masuk dari semua gerbang yang ada di stasiun Commuter Line. Inovasi ini memungkinkan pengguna dapat membeli hingga lebih dari 10 tiket KRL sekaligus sehingga bermanfaat ketika bepergian bersama rombongan. Semua transaksi yang dilakukan dalam Gotransit juga tercatat lengkap pada bagian riwayat pemesanan. Catherine menyebut, sejak inovasi ini diperkenalkan pada akhir Mei 2022 lalu, fitur Gotransit sudah diakses 20 kali lipat lebih banyak.

Catherine menambahkan, ke depan pihaknya dan KCI sebagai operator KRL Commuter Line akan menghadirkan inovasi lain untuk semakin memudahkan pengguna. Pasalnya, saat ini pembelian tiket KRL hanya bisa dilakukan satu kali ketika pengguna ingin naik kereta di stasiun pemberangkatan yang dipilih, dan belum bisa mengubah stasiun tujuan. Fitur ini juga baru bisa digunakan untuk wilayah Jakarta. Untuk itu, Gojek tengah menyiapkan inovasi teknologi agar masyarakat dapat membeli tiket secara bundling sehingga semakin praktis dan hemat. Dalam satu transaksi di dalamnya sudah termasuk tiket first mile-last mile yang menggunakan layanan Gojek, serta tiket perjalanan middle mile menggunakan layanan transportasi publik termasuk salah satunya KRL Commuter Line. "Saat ini baru untuk pembelian, ke depan agar movement-nya lebih lancar dan efisien ini menjadi PR bagi kami," tuturnya.

Hadir dalam kesempatan yang sama, Direktur Utama PT Kereta Commuter Indonesia (PT KCI), Roppiq Lutzfi Azhar mengungkapkan, kolaborasi ini akan memberi manfaat bagi pengguna harian Kereta Commuter Line yang jumlahnya mencapai 1,2 juta orang per hari. Ia juga percaya kolaborasi dengan Gojek yang juga memiliki skala pengguna yang besar, akan semakin memperluas jangkauan pihaknya untuk mengajak masyarakat menggunakan transportasi publik. "Dengan kini tiket KRL Commuter Line dapat dibeli di aplikasi Gojek, pengalaman masyarakat naik KRL Commuter Line bisa menjadi lebih lancar, cepat, dan minim kontak. Sebelumnya, kehadiran Gojek juga telah memudahkan akses bagi pengguna Commuter Line untuk menuju ke stasiun ataupun melanjutkan perjalanan ke tujuan akhir. Adanya kolaborasi ini diharapkan mendukung capaian target PT KCI untuk bisa mengangkut 2 juta orang per hari di masa yang akan datang,” harap Roppiq. (sd)

Labels: Ekonomi

Thanks for reading Kini Beli Tiket KRL Bisa Lewat Gojek. Please share...!

Back To Top