MNC Bank Gandeng Kredit Pintar Salurkan Kredit Rp 150 Miliar

PT Bank MNC Internasional Tbk (MNC Bank) melalui aplikasi MotionBanking menggandeng fintech P2P lending PT Kredit Pintar Indonesia (Kredit Pintar), di Jakarta, Jumat, 3 Juni 2022



JAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- PT Bank MNC Internasional Tbk (BABP) atau MNC Bank melalui aplikasi MotionBanking menggandeng fintech P2P lending PT Kredit Pintar Indonesia (Kredit Pintar) untuk menyalurkan kredit channeling senilai Rp 150 miliar. Kerja sama itu memungkinkan kedua pihak mengakuisisi nasabah baru lewat layanan yang ditawarkan.

CTO of MNC Group Yudi Hamka menyampaikan, kemitraan dengan Kredit Pintar menjadi kali pertama perusahaan bekerja sama dengan fintech P2P lending. Kerja sama dilakukan dalam beberapa aspek, salah satunya adalah Bank MNC sebagai pemberi pinjaman atau lender. "Komitmen untuk pembiayaan lewat Kredit Pintar besar sekali. Tahap I minimum Rp 150 miliar. Kita kan terjamin NPL-nya dengan credit scoring yang bagus. Optimis Rp 150 miliar sampai akhir tahun, kita sama-sama menggunakan promosi di semua MNC Group, supaya kita bisa promosikan ini secara besar-besaran," kata Yudi di Jakarta, Jumat (3/6/2022).

Dia mengatakan, layanan dari Kredit Pintar akan masuk sebagai fitur digital lending di aplikasi MotionBanking. Fitur ini menggunakan AI-based credit scoring, pengguna hanya perlu satu kali proses electronic know your customer (e-KYC) lewat pengenalan secara digital yang melibatkan sistem, sehingga proses tersebut dapat dilakukan dengan mudah, cepat, dan tanpa kontak fisik. Dalam hal ini, pengguna secara otomatis dapat menggunakan dua layanan sekaligus. Pertama, pengguna baru akan terdaftar sebagai nasabah tabungan (saving account) dari MNC Bank. Kedua, pengguna juga dapat memanfaatkan fitur digital lending dari Kredit Pintar di aplikasi MotionBanking dengan plafon hingga Rp 20 juta. Dua layanan yang saling terintegrasi itu sudah dapat dinikmati mulai Jumat, 3 Juni 2022.

Dia meyakini, kehadiran layanan digital lending dari Kredit Pintar di aplikasi MotionBanking akan menjadi daya tarik tersendiri. Kerja sama juga menjadi salah satu langkah MNC Bank dan Kredit Pintar untuk meningkatkan kenyamanan nasabah, kapasitas, dan penetrasi user acquisition MotionBanking. "Integrasi ini merupakan salah satu langkah penting bagi MotionBanking. Dengan mengintegrasikan layanan Kredit Pintar ke dalam aplikasi MotionBanking, pengguna dapat menikmati layanan perbankan yang lengkap, mulai dari tabungan hingga pinjaman. Selain kerjasama dengan Kredit Pintar, kami juga akan terus menambahkan fitur-fitur baru ke dalam MotionBanking sehingga dapat terus memberikan nilai tambah yang bermakna untuk nasabah," ujar Yudi.

Yudi menambahkan, setidaknya ada dua segmen masyarakat yang disasar dalam program ini. Paling utama adalah captive market dari MNC Group dan ekosistem turunannya, termasuk para pengguna berbagai layanan grup yang tersebar di berbagai platform. Selain itu, program ini juga menyasar masyarakat secara umum terutama separuh penduduk Indonesia yang masih unbanked. "Saya melihat Kredit Pintar dan timnya menunjukkan komitmen yang luar biasa, salah satu komitmen inilah yang memotivasi MNC Bank kerja sama tahap awal. Mudah-mudahan kita bisa tumbuh dan besar bersama memberikan layanan finansial kepada seluruh masyarakat," tandas Yudi.

Sementara itu, Direktur Kredit Pintar Wisely Wijaya meyakini, kerja sama dengan MotionBanking dapat mendorong inklusi keuangan di Indonesia. Apalagi masih banyak masyarakat Indonesia yang unbanked dan butuh akses keuangan, mulai dari layanan tabungan hingga pinjaman guna memenuhi kebutuhan sehari-harinya. "Dengan terealisasinya integrasi antara Kredit Pintar dengan MotionBanking, maka hal ini menjadi terobosan pertama inovasi perbankan digital di Indonesia. Sehingga kami optimis kedepannya dapat menjangkau market yang lebih luas lagi," terang Wisely.

Berdiri 2017, dia menyampaikan bahwa Kredit Pintar telah penyaluran pinjaman kumulatif mencapai Rp 27 triliun kepada lebih dari 8 juta peminjam (borrower) hingga Mei 2022. Khusus sepanjang tahun ini, perseroan sudah menyalurkan Rp 3,2 triliun, dengan outstanding pinjaman lebih dari Rp 2 triliun.

CEO Atome Financial Indonesia Wawan Salum menyatakan bahwa kolaborasi antara Kredit Pintar dan MNC Bank menjadi bukti kedua layanan finansial bisa saling bekerja sama, bukan untuk berkompetisi. Dalam hal ini, Kredit pintar ikut memanfaatkan kemampuan MotionBanking dari kekuatan iklannya. "Kami terus berupaya untuk menghadirkan solusi pinjaman yang mudah, cepat, dan paling terjangkau bagi nasabah. Dengan market dan sistem yang telah dimiliki oleh MotionBanking sebagai bagian dari MNC Bank, kami berharap kedepannya semakin banyak masyarakat Indonesia yang dapat menikmati fasilitas digital banking," kata Wawan. (sd)

Labels: Ekonomi

Thanks for reading MNC Bank Gandeng Kredit Pintar Salurkan Kredit Rp 150 Miliar. Please share...!

Back To Top