Muslim Life Fair Yogyakarta Jadi Penggerak UMKM Produk Halal

Pembukaan pameran Muslim Life Fair Yogyakarta 2022



YOGYAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- Penyelenggaraan Muslim Life Fair Yogyakarta resmi dibuka oleh Pemerintah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Pameran ini akan berlangsung selama 3-5 Juni 2022 di Jogja Expo Center (JEC) Yogyakarta.

Kepala Biro Ekonomi sekaligus pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan DIY, Yuna Pancawati mengaprepreiasi antusisme 185 peserta pameran yang menampilkan produk halal. "Kami sampaikan terima kasih pula kepada para peserta dari produk fashion, makanan, kosmetik, jasa pariwisata, dan pendidikan," kata Yuna, Sabtu (4/6/2022).

Ia mengatakan, pelaku UMKM (usaha mikro kecil dan menengah) tetap berkarya meski saat pandemi Covid-19 saat ini bisa hadir sebagai bentuk semangat bangkit kembali, dengan menampilkan produk yang luar biasa. "Ini tentu dapat mendorong dan menggerakkan kembali aktivitas pertumbuhan ekonomi pelaku usaha, khususnya UMKM dari DIY dan sekitarnya, sekaligus memberikan andil bagi pertumbuhan ekonomi," ungkapnya.

Yuni mengaku optimismis, gelaran Muslim Life Fair perdana di Yogyakarta bisa menjadi trigger bagi penyelenggara event lainnya untuk membangkitkan kembali gairah ekonomi yang sempat terpuruk akibat pandemi Covid-19. Sebelumnya, Indonesia Muslim Life Fest sukses menarik perhatian 60.000 pengunjung pada perhelatan pertamanya di Jakarta Convention Center (JCC). Sedangkan pameran Muslim Life Fair Jakarta di Istora GBK, berhasil menarik perhatian 30.000 pengunjung dan membukukan transaksi sekitar Rp 20 miliar.

Ketua KPMI Yogyakarta, Intan Fery Atmaja mengatakan, dengan berkembangnya tren gaya hidup halal pada masa pandemi, pameran Muslim Life Fair Yogyakarta menjadi gairah bagi para pelaku UMKM untuk menampilkan masing-masing produk halal terbaiknya. "Untuk Yogyakarta, produk fashion dan kuliner masih menjadi primadona. Produk unggulan UMKM di sini lebih pada fashion dan kuliner. Begitu muncul sesuatu yang baru, bisa langsung viral,” ujar Intan Fery Atmaja.

Muslim Life Fair Yogyakarta menghadirkan koleksi fashion muslimah mulai dari jilbab, gamis, khimar dan bahkan bergo dengan harga variatif dari sejumlah brand kenamaan seperti Amily Hijab, Pelangi Hijab, Khadijah Indonesia dan lainnya.

Direktur PT Lima Event Indonesia (Lima Events) Deddy Andu mengatakan, penyelenggaraan Muslim Life Fair di Yogyakarta diharapkan dapat menggairahkan pertumbuhan ekonomi di daerah setempat. "Selain itu, pameran ini diharapkan dapat mendorong pelaku UMKM produk halal agar dapat berdaya saing global. Setelah pandemi berakhir mudah-mudahan, semakin membaik. Waktunya UMKM tumbuh kembali dan merekrut karyawan lagi,” pungkasnya. (ym)

Labels: Gaya Hidup

Thanks for reading Muslim Life Fair Yogyakarta Jadi Penggerak UMKM Produk Halal. Please share...!

Back To Top