OASA Angkat Sukamdani dan Artis Cinta Laura Jadi Komisaris

Komisaris PT Maharaksa Biru Energi Tbk Cinta Laura Kiehl, Direktur Utama/CEO PT Maharaksa Biru Energi Tbk Bobby Gafur S. Umar, dan Komisaris PT Maharaksa Biru Energi Tbk John Pieter Nazar, berbincang sebelum Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) PT Maharaksa Biru Energi Tbk, di Jakarta, Senin 27 Juni 2022



JAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- PT Protech Mitra Perkasa Tbk (OASA) emiten infrastruktur dan telekomunikasi melakukan transformasi ke bidang industri hijau, energi baru terbarukan (EBT). Transformasi bisnis OASA ditandai dengan mengangkat Hariyadi Sukamdani sebagai komisaris utama dan artis Cinta Laura Kiehl sebagai komisaris.

“Hari ini, kami resmi menekuni industri EBT. Tonggak sejarah baru bagi perusahaan, kami juga mengumumkan secara resmi pergantian nama PT Protech Mitra Perkasa Tbk menjadi PT Maharaksa Biru Energi Tbk, sekaligus mengganti logo sebagai identitas diri. Ke depan kami akan serius menekuni industri hijau yang beromzet trliunan rupiah,” kata Direktur Utama/CEO PT Maharaksa Biru Energi Tbk Bobby Gafur Umar, kepada wartawan, usai Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Tahunan dan RUPS Luar Biasa, di Jakarta, Senin (27/6/2022).

Menurut Bobby Gafur Umar, EBT sudah menjadi suatu keharusan, bukan lagi hanya sekadar pilihan. Pemerintah sudah saatnya melakukan upaya lebih serius dalam memacu pengembangan EBT. "EBT adalah masa depan," kata Bobby.

Dalam roadmap, ke depan OASA akan dikembangkan sebagai perusahaan EBT berskala besar. OASA akan mengubah sampah menjadi energi bermanfaat, membirukan langit serta lautan Indonesia, dan menjadikan Indonesiaku Biru. "Kami merestorasi iklim, menjadikan lingkungan yang hijau berdampingan dengan langit dan lautan biru," kata dia.

Ia menambahkan, ke depan nanti OASA menargetkan akan menjadi perusahaan yang tidak hanya menjalankan bisnis seperti biasa (business as usual) tetapi akan meng-unlock value dengan membuat terobosan. Bisnis yang akan digeluti antara lain, pengolahan dan pengelolaan sampah, biomassa, sekaligus menjalankan peran sebagai kontraktor untuk proyek energi ramah lingkungan. "PT Maharaksa Biru Energi Tbk juga akan menjalankan beberapa sektor bisnis, mulai bio-kimia, energi, pengolahan limbah dan sampah, hingga teknologi," kata dia.

Untuk memuluskan transfromasi OASA telah menggandeng mitra sekaligus pemilik teknologi di bidang pengelolaan lingkungan dari Eropa, yakni Suez Group. Terkait pembiayaan, kata dia OASA akan memanfaatkan sumber-sumber dari lender luar negeri yang memang sedang mencari portofolio bisnis berbasis energi bersih atau ramah lingkungan.

“Tahun ini sedikitnya ada dua atau tiga proyek yang sedang diincar. Kontrak-kontrak dalam beberapa bulan ke depan mungkin sudah akan jalan. Tidak hanya sebagai kontraktor tapi bisa investing atau financing. Kami akan mencoba terobosan-terobosan untuk memanfaatkan dana puluhan triliun dari Jerman untuk infratruktur hijau. Sudah ada beberapa project yang masuk dalam rencana bisnis," kata Bobby.

Selain perubahan nama menjadi PT Maharaksa Biru Energi Tbk, RUPSLB perseroan juga telah menyetujui pengangkatan Hariyadi BS Sukamdani sebagai komisaris utama dan menyetujui pengangkatan Cinta Laura Kiehl sebagai komisaris.

Hariyadi Sukamdani adalah ketua umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) sejak 2014. Karirnya sebagai pengusaha dimulai sejak 1992 ketika ia menjadi presiden direktur PT Sahid Detolin Textile. Selain itu, ia menempati posisi tinggi di sejumlah perusahaan di Indonesia seperti PT Spinindo Bina Persada dan PT Jumalindo Aksara Grafika pada 2006 serta sempat menjadi komisaris PT Jamsostek pada 2007-2012.

Sementara Cinta Laura adalah salah seorang artis lulusan Universitas Columbia, New York, Amerika Serikat. Cinta Laura belum lama ini diundang untuk berpidato di Gedung MPR. Ia hadir sebagai satu-satunya perwakilan perempuan generasi muda dalam rangka peringatan Hari Pancasila pada awal Juni lalu. (sd)

Labels: Ekonomi

Thanks for reading OASA Angkat Sukamdani dan Artis Cinta Laura Jadi Komisaris. Please share...!

Back To Top