OBM Drilchem Optimistis Capai Target Penjualan Tahun Ini

PT OBM Drilchem Tbk (OBMD) secara resmi mencatatkan sahamnya (listing) pada 8 Desember 2021



JAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- PT OBM Drilchem Tbk (OBMD), produsen bahan aditif berteknologi serat untuk aktivitas pengeboran membukukan penjualan naik 80,5% dari Rp 14,29 miliar pada kuartal I 2021, menjadi Rp 25,80 miliar di kuartal I 2022.

Wakil Presiden Direktur OBM Drilchem Ivan Alamsyah menjelaskan, salah satu faktor yang mendorong bertumbuhnya penjualan adalah adanya target pemerintah yang mendorong penggunaan produk lokal. "Saat ini, OBMD memiliki sertifikat TKDN dengan konten lokal sebesar 100% dan target pemerintah dalam mencapai produksi minyak 1 juta barel per hari pada tahun 2030," kata Ivan, Jumat (10/6/2022).

Sekedar gambaran, penjualan lokal OBM Drilchem sebesar Rp 20,69 miliar atau 80,19% dari total penjualan kuartal I 2022 dan terjadi peningkatan 163,23% jika dibandingkan kuartal I 2021. Pencapaian kinerja kuartal pertama perseroan ini, memberikan gambaran lebih jelas bagaimana komitmen dari manajemen OBMD untuk mencapai target penjualan Rp 94 miliar pada tahun ini. "Sampai bulan Mei 2022, pencapaian penjualan telah melebihi 50% dari total target, sehingga kami optimis penjualan sampai akhir tahun akan melampaui target penjualan 2022,” kata Ivan.

Ivan menuturkan, saat ini OBM Drilchem telah memiliki beberapa kontrak baru baik dalam mau pun luar negeri, diantaranya dengan Elnusa, COSL Indonesia dan ONGC India dengan total kontrak senilai US$ 7 juta atau Rp 96 miliar. “Selain itu saat ini kami sedang melakukan penjajakan tahap akhir kontrak baru dengan beberapa perusahaan minyak besar dengan reputasi yang sangat baik,” tambahnya.

Selain itu, sambung Ivan, perseroan terus menjalankan strategi yang telah dibuat sejak awal tahun 2022, yaitu dengan terus memperluas kerja sama dengan distributor di luar negeri dan juga melakukan beberapa test lab. "Dilakukannya test lab dengan beberapa operator dan mud company, membuktikan produk OBMD unggul dibandingkan kompetitor, sehingga dapat meningkatkan positioning OBM Drilchem di pasaran," jelasnya.

Menurut Ivan, dengan kondisi likuiditas yang sangat baik, perseroan juga mengalokasikan belanja modal atau capex sebesar Rp 3,8 miliar untuk pembelian gudang di Balikpapan dan pembelian spare part mesin, yang dihasilkan dari operating profit perusahaan. "Saat ini, perseroan tidak mengandalkan utang dalam menjalankan operasional perusahaan," pungkasnya. (sd)

Labels: Ekonomi

Thanks for reading OBM Drilchem Optimistis Capai Target Penjualan Tahun Ini. Please share...!

Back To Top