Pacu Startup Digital, Hub.id Accelerator 2022 Resmi Dibuka

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) menyelenggarakan kembali program Hub.id Accelerator 2022



JAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) terus melakukan berbagai upaya strategis dengan tujuan percepatan transformasi digital. Salah satunya ialah dengan menyelenggarakan kembali program Hub.ID Accelerator 2022.

Direktur Jenderal Aplikasi dan Informatika (APTIKA) Kemenkominfo Semuel A. Pangerapan mengatakan, latar belakang penyelenggaraan program Hub.ID Accelerator 2022 tak lain adalah demi menyukseskan proses akselerasi transformasi digital tanah air. "Seluruh teknologi digital yang tersedia di sekitar kita sekarang, sudah mulai banyak diisi oleh para pelaku industri teknologi digital dari dalam negeri. Kita patut bangga dengan semakin meningkatkan semangat digital entrepreneurship di kalangan anak muda yang ditunjukkan semakin banyak startup digital yang bertumbuh dan juga berkembang,” kata Semuel, Senin (13/6/2022).

Oleh karena itu, lanjut Semuel, Kemenkominfo sebagai leading sector dalam upaya percepatan transformasi digital berperan tidak hanya sebagai regulator dan fasilitator, melainkan juga akselerator. “Dimana dalam hal ini, dituntut untuk mampu menyiapkan masyarakat agar bisa hidup di era ekonomi digital dengan berbagai program literasi digital, meningkatkan adopsi teknologi di sektor-sektor strategis, serta membersamai usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang menjadi tulang punggung ekonomi digital Indonesia,” ujar Semuel.

Sedangkan, Direktur Ekonomi Digital Kemenkominfo I Nyoman Adhiarna menuturkan, pada 2022 ini, Kemenkominfo tetap menyelenggarakan program Hub.ID Accelerator, sebuah program yang memiliki fokus untuk meningkatkan sinergi, kolaborasi, kerja sama bisnis, dan investasi bagi startup digital melalui peningkatan jumlah business matchmaking dengan pemerintah, badan usaha milik negara (BUMN), korporasi swasta, dan investor. "Adapun target startup digital yang akan difasilitasi adalah 25 startup digital dengan kriteria pada posisi seeds sampai dengan pre-series A. Banyak fitur-fitur program yang kita laksanakan di Hub.ID Accelerator 2022 dengan mengukur kebutuhan dari dua sisi, yaitu menyelaraskan sinergi kebutuhan startup digital dengan mitra bisnis dan investor,” ungkap I Nyoman.

Adapun startup digital yang dicari untuk mengikuti Hub.ID Accelerator adalah startup yang memiliki fokus bisnis pada sektor financial services, B2B and Enterprise Solution, Logistic/Supply Chain, SME Enabler, dan Agri and Aquaculture. (ym)

Labels: Ekonomi

Thanks for reading Pacu Startup Digital, Hub.id Accelerator 2022 Resmi Dibuka. Please share...!

Back To Top