Pameran Jukiverse NFT Hadir Secara Hybrid dan Dunia Nyata Bersamaan

Kreator Faza Meonk dan VP MNC Licensing dan MNC Contents Shierly Kosasih berfoto bersama karakter SpongeBob dan Si Juki pada peluncuran seri buku cerita Si Juki x SpongeBob SquarePants, di Jakarta, Jumat (11/1/2022)



JAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- Setelah sukses merilis 3456 koleksi NFT “Lost in Jukiverse” yang habis terjual dalam hitungan menit, Si Juki karya Faza Meonk akan hadir dalam pameran Jukiverse NFT Exhibition di Sarinah lantai 1 Area Untaian, tanggal 3-12 Juni 2022. Jukiverse NFT Exhibition ini merupakan pameran NFT pertama di Indonesia yang diselenggarakan secara hybrid di metaverse dan dunia nyata secara bersamaan. Kegiatan ini diselenggarakan secara kolaboratif oleh kreator IP Si Juki (Faza Meonk) bersama Pionicon, Rekata Studio, dan Gaspack yang didukung oleh Sarinah dan BRImo. Dalam acara opening ceremony dan jumpa media yang diselenggarakan pada 2 Juni 2022, juga akan dilakukan peluncuran dan lelang NFT Si Juki edisi Wastra Nusantara karya anak bangsa yang berkolaborasi dengan Sarinah.

Si Juki merupakan karakter komik yang dihadirkan Faza sejak tahun 2011 dan kini menjadi karakter komik yang populer di Indonesia. Sebagai sebuah IP, Si Juki memiliki semesta IP yang cukup lengkap. Berawal dari komik online yang diposting di media sosial, Si Juki kemudian diterbitkan dalam berbagai bentuk media, terutama komik cetak, webtoon, mobile game, serial animasi dan film animasi. Saat ini, lebih dari 50 komik Si Juki yang sudah terbit dan menjadi buku bestseller yang tersebar di toko-toko buku di Indonesia. Juki juga pernah berkolaborasi dengan karakter internasional, seperti Spongebob Squarepants (AS), Larva (Korea Selatan), dan BoboiBoy (Malaysia).

Jukiverse NFT Exhibition menjadi sebuah perayaan, apresiasi dan langkah awal bagi Si Juki. Perayaan dan ungkapan rasa syukur Si Juki atas perjalanan 12 tahun berkarya dan mewarnai industri kreatif Indonesia dan pencapaian-pencapaian yang diraih oleh Si Juki. Apresiasi kepada orang-orang yang telah mendukung Si Juki termasuk kepada para pembeli NFT Si Juki. Dan sebuah langkah awal dalam eksplorasi serta pengembangan IP Si Juki yang kelak akan hadir dalam produk-produk inovatif seiring dengan perkembangan teknologi NFT dan blockchain. Jukiverse NFT yang juga berkolaborasi dengan 34 seniman NFT Indonesia ini kiranya juga menjadi perayaan, apresiasi dan langkah awal bersama seluruh kreator dan pelaku sektor kreatif Indonesia.

Faza Meonk, kreator Si Juki menuturkan bahwa melalui Lost in Jukiverse NFT ini adalah langkah selanjutnya Si Juki untuk menapaki tangga internasional. “Basis komunitas Jukiverse NFT berkembang dengan pesat dan sekarang sudah memiliki 90.000 lebih pengikut di Twitter dan lebih dari 9.000 anggota di channel Discord-nya dari berbagai negara seperti Amerika serikat, Italia, Filipina, China, India, dan negara-negara lainnya. Proyek Jukiverse NFT sebelumnya meluncurkan koleksi "Si Juki Cosplay" berjumlah 110 cosplay, lalu kolaborasi proyek NFT ‘Jukiverse X’ yang melibatkan 34 seniman NFT Indonesia antara lain WD Willy, Arya Mularama, Arief Witjaksana dan Darbotz," tutur Faza, Jumat (3/6/2022).

Perkembangan sektor kreatif yang semakin dinamis dan eksplorasi sebuah IP yang menjadi sangat penting di saat ini pulalah yang menjadi alasan utama Rekata Studio untuk bersama-sama menyelenggarakan kegiatan Jukiverse NFT Exhibition.

“Jukiverse NFT Exhibition yang menampilkan perjalanan kreatif Si Juki ini juga menjadi cara untuk memperkuat kehadiran Si Juki secara global serta sarana edukasi bahwa NFT bukanlah soal cara yang cepat untuk mendapatkan keuntungan melainkan media untuk memperkenalkan produk ke pasar yang lebih luas serta membangun dan melibatkan komunitas untuk secara bersama-sama mengembangkan dan ‘memiliki’ sebuah IP Character,” ungkap Adi Ekatama, Direktur Rekata Studio. (ym)

Labels: Gaya Hidup

Thanks for reading Pameran Jukiverse NFT Hadir Secara Hybrid dan Dunia Nyata Bersamaan. Please share...!

Back To Top