Surya Semesta Internusa Lepas Saham di Dua Perusahaan

PT Surya Semesta Internusa Tbk (SSIA) menggelar event SSIA 50th Anniversary Thanksgiving, Jumat, 12 November 2021



JAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- PT Surya Semesta Internusa Tbk (SSIA) rampungkan penjualan seluruh kepemilikan saham pada PT SLP Surya Ticon Internusa (SLPSTI) dan PT Surya Internusa Timur (SIT) dengan hasil penjualan mencapai Rp 562,2 miliar. Aksi ini dilakukan untuk mempercepat pengembangan Subang Smartpolitan.

Presiden Direktur Surya Semesta Internusa Johannes Suriadjaja mengatakan, perseroan menjual 50,0% kepemilikan saham di SLPSTI dengan nilai transaksi sebesar Rp 430,6 miliar dan 66,7% kepemilikan saham di SIT dengan nilai transaksi sebesar Rp 131,6 miliar. Pelepasan kepemilikan saham SSIA di kedua perusahaan merupakan salah satu strategi perseroan untuk mempercepat pengembangan Subang Smartpolitan. “Dengan tambahan modal yang didapat dari penjualan saham ini, perusahaan memiliki ruang lebih untuk menjalankan strategi bisnis dalam proyek unggulan SSIA yang telah menjadi fokus utama perseroan saat ini,” jelasnya, Selasa (7/6/2022).

Untuk diketahui, SLPSTI sebelumnya adalah perusahaan joint venture antara SSIA, Mitsui and Co., Ltd (Mitsui) and Frasers Property (Thailand) Public Company Ltd (Frasers), (sebelumnya Ticon Industrial Connection Plc.). Sementara PT Surya Internusa Timur (SIT), sebelumnya adalah perusahaan joint venture antara SSIA dan Frasers. Adapun penandatanganan kesepakatan jual beli antara SSIA yang diwakili oleh Presiden Direktur Johannes Suriadjaja dan Direktur Keuangan The Jok Tung, dengan Frasers Property Thailand (Indonesia) Pte. Limited yang diwakili oleh CEO Sopon Racharaksa dan CFO Somboon Wasinchutchawal. “Transaksi ini bukan transaksi terafiliasi dan tidak termasuk transaksi material karena nilai transaksi di bawah ambang batas yang ditentukan. Transaksi ini juga tidak berdampak material terhadap kondisi keuangan, kegiatan operasional dan kelangsungan usaha perseroan,” ujar Johannes.

Pada kesempatan yang sama, CEO Frasers Property Industrial (Thailand) Co. Ltd, Sopon Racharaks mengutarakan optimismenya bahwa bisnis persewaan pergudangan dan fasilitas pabrik siap pakai akan terus bertumbuh di masa yang akan datang. Pertumbuhan ini sangat terkait dengan cepatnya pembangunan infrastruktur, termasuk penambahan ruas jalan tol, pelabuhan dan bandar udara. “Selain itu, pertumbuhan industri e-commerce dan bisnis logistik di Indonesia telah mendorong permintaan kawasan pergudangan yang memiliki fasilitas lengkap dengan konektivitas dan aksesibilitas yang baik dengan pelabuhan, bandar udara dan jalan tol,” kata dia.

Rekomendasi Analis

Surya Semesta Internusa bersiap bangkit pada tahun ini, seiring mulai membaiknya bisnis properti dan perhotelan. Kinerja keuangan yang lemah pada 2021 diyakini bisa rebound tahun ini, yang didukung oleh tingginya penjualan lahan di proyek kawasan industri Subang milik perseroan. Sementara di bisnis konstruksi, perseroan masih cukup konservatif untuk memasang target 2022, mengingat potensi raihan kontrak baru yang lebih rendah karena proyek jalan tol hanya satu kali diberikan pada 2021.

Analis BRI Danareksa Sekuritas Victor Stefano mengungkapkan, kawasan industri Subang terus menjadi andalan SSIA di masa depan. Surya Internusa menetapkan target penjualan lahan yang lebih tinggi yaitu 80 hektare (ha). Meskipun hanya mendapat pesanan 10 ha penjualan tanah industri di Karawang pada 2021, SSIA menargetkan dapat meraup pesanan tanah industri hingga 80 ha sepanjang tahun ini, di mana 20 ha akan berasal dari Karawang dan 60 ha dari Subang. Optimisme tersebut berasal dari tingginya permintaan untuk perkebunan Subang seluas hampir 300 ha dan 2 ha penjualan tanah di Karawang. “Perusahaan mengharapkan setidaknya 10 ha penjualan lahan industri akan diamankan di semester I-2022. Penjualan 20 ha tanah dapat dipesan tahun ini, karena hanya diperlukan 1 bulan dari pembelian hingga serah terima,” tulis Victor dalam risetnya. (sd)

Labels: Ekonomi

Thanks for reading Surya Semesta Internusa Lepas Saham di Dua Perusahaan. Please share...!

Back To Top