Upaya Uni Charm Indonesia Mengurangi Plastik Berbahan Dasar Minyak Bumi

Untuk menyambut Hari Lingkungan Hidup Sedunia, PT Uni-Charm Indonesia  Tbk melansir produk  pembalut wanita Charm Herbal Ansept+ Bio pertama di Unicharm Group yang  menggunakan bio material berasal dari tumbuhan tebu



JAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- Untuk menyambut Hari Lingkungan Hidup Sedunia, PT Uni-Charm Indonesia  Tbk melansir produk  pembalut wanita Charm Herbal Ansept+ Bio pertama di Unicharm Group yang  menggunakan bio material berasal dari tumbuhan tebu. Bio material digunakan untuk kemasan luar, kemasan individual, dan top sheet untuk  pertama kalinya di grup tersebut. Selain itu bio material,  dipakai pada bagian  back sheet, sehingga dapat mengurangi penggunaan jumlah plastik berbahan dasar  minyak bumi.

Latarbelakang diciptakan produk ini lantaran minyak bumi makin langka. Seperti kita ketahuin, minyak bumi sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia. Minyak mentah adalah bahan  bakar fosil yang dihasilkan oleh perubahan kimia pada bangkai organisme hidup dari  ratusan tahun yang lalu. Namun, karena energi ini tidak dapat diperbarui, sehingga  penggunaannya terbatas, dan diperkirakan dalam sekitar 50 tahun mendatang akan habis. Oleh karena itu, sebagai salah satu bentuk pelaksanaan slogan PT Uni-Charm Indonesia  Tbk yaitu Ethical Living For SDGs yang berarti melakukan kebaikan kecil di dalam  kehidupan sehari-hari, maka dilakukan upaya untuk membentuk lingkungan yang  berkelanjutan dengan menggunakan sumber daya yang dapat diperbarui. Charm Herbal  Ansept+ Bio yang diluncurkan kali ini sebagian materialnya berasal dari sumber daya yang  dapat diperbarui dan berasal dari tumbuhan, yaitu tebu.

Presiden Direktur Uni-Charm Indonesia Yuji Ishii menjelaskan, untuk meluncurkan pembalut menggunakan  bio material, departemen R&D kami melakukan riset sekitar 4 tahun, dan  bekerja sama dengan badan riset dalam dan luar negeri untuk melakukan trial and error berulang kali. Hasilnya, kami berhasil memproduksi Charm Herbal Ansept+ Bio yang top  sheet, yaitu bagian yang bersentuhan langsung dengan kulitnya menggunakan bio material yang dibuat dari saringan serat tebu, dalam edisi terbatas.

Selain itu, back sheet,  kemasan individual dan kemasan luarnya juga menggunakan bio material. Upaya ini  merupakan pertama kalinya bagi Unicharm Group, yang dianggap akan dapat  berkontribusi pada pengurangan plastik berbahan dasar minyak bumi,

Melanjutkan produk pembalut Charm Safe Night dan masker Protect Pollution dalam kemasan kertas  tahun 2021 lalu,  tahun ini perusahaan asal Jepang ini juga akan merilis popok bayi MamyPoko Royal Soft New Born tipe perekat dengan kandungan kapas organik dalam edisi terbatas pada  pertengahan Juni, untuk dijual terutama di online shop.

Untuk mempenetrasikan Ethical Living for SDGs, akan dibuat Ethical Living Corner di Official online shop yaitu Lazada, Shopee, Tokopedia, dan Blibli. Selain itu, setelah mendengar penjelasan tentang Ethical Living for SDGs, Putri Lingkungan Indonesia 2020 Putu Ayu Saraswati menjelaskan, Setiap kali bepergian ke  tempat yang dekat, sebisa mungkin saya membiasakan diri untuk berjalan kaki. Ketika berbelanja pun saya menggunakan tas daur ulang. Dengan menerapkan kebaikan kecil di dalam kehidupan sehari-hari, akan memberikan manfaat bagi pelestarian lingkungan dan  juga kesehatan diri.

Yuji mengklaim produk baru ini memiliki beberapa keunikan. Pertama, top sheet, back sheet, kemasan individual dan kemasan luar terbuat dari bio material  berbahan dasar tebu, dengan tekstur dan tampilan yang sama dengan Charm Herbal  Ansept+ (regular). Dengan kandungan 5 herbal alami yaitu daun sirih, kunyit, manjakani, aloe vera dan jahe, memiliki fungsi pencegahan bau yang sama dengan Charm Herbal  Ansept+ (Regular). Kedua, menggunakan  logo bio material dengan latar belakang bumi, sehingga dapat langsung dipahami bahwa produk ini ramah lingkungan, hanya  dengan sekali lihat.

Keunikan ketinga, berkontribsi terhadap perwujudan ‘SDGs 17 Goals’.  Dari 17 target SDGs (Sustainable Development Goals) yang dicanangkan, melalui  kegiatan ini, perseroan berupaya untuk berkontribusi pada target No.12  ‘Konsumsi dan produksi  yang bertanggung jawab’. Dan salah satu elemen slogan perusahaan Ethical  Living for SDGs yaitu 'Konservasi lingkungan, sumber daya laut dan pemeliharaan keanekaragaman hayati’. (ym)

Labels: Gaya Hidup

Thanks for reading Upaya Uni Charm Indonesia Mengurangi Plastik Berbahan Dasar Minyak Bumi. Please share...!

Back To Top