Wira Global Solusi Gandeng Impactto Perbanyak Portofolio Startup

PT Wira Global Solusi Tbk (WGSH) yang dikenal sebagai venture builder mengumumkan telah menandatangani perjanjian kerja sama (PKS) dengan startup accelerator Impaccto



JAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- PT Wira Global Solusi Tbk (WGSH) yang dikenal sebagai venture builder mengumumkan telah menandatangani perjanjian kerja sama (PKS) dengan startup accelerator Impaccto. Melalui kerja sama ini WGSH akan mendapatkan akses kepada startup yang berkualitas hasil kurasi dari Impactto. Impactto.io merupakan akselerator sekaligus kurator yang tidak hanya memberikan coaching one-on-one kepada startup early-stage dengan founders ternama di industri tech, tetapi juga memberikan pengenalan langsung kepada beberapa venture capital di Indonesia.

Direktur Utama WGSH Edwin Pramana mengatakan, akselerator dan inkubator memiliki peranan penting untuk membantu startup early-stage mempercepat perkembangan bisnis startup tersebut. "Sementara peranan dari venture builder adalah membantu startup early-stage bersama-sama untuk membuat Minimum Viable Product (MVP), sehingga ketika masuk dalam tahapan kesesuaian produk dan pasar (Product-Market Fit) produk startup tersebut sudah langsung mendapatkan umpan balik produknya dari konsumen," ujarnya, Kamis (2/6/2022).

Pada Semester I 2022 ini, WGSH telah menandatangani PKS dengan empat perusahaan startup, dengan proyeksi total pendapatan rata-rata Rp1 miliar per startup. Pencapaian ini didapatkan dari model bisnis venture builder yang diusung oleh perseroan. "Sudah ada 65 startup hasil kurasi Impactto yang bekerja sama dengan Kominfo di batch sebelumnya. Kami yakin dapat mengembangkan 5-10 startup lagi tahun ini yang menerima investasi dalam bentuk solusi teknologi dan jasa WGSH," kata Edwin.

Menurutnya, banyak startup early-stage yang tidak memiliki pengalaman dan tim teknis yang kuat, sehingga dapat memunculkan permasalahan-permasalahan baru ketika mewujudkan ide menjadi sebuah MVP. Keberadaan venture builder seperti WGSH dinilai dapat membantu akselerator seperti Impactto untuk memberikan solusi atas permasalah tersebut. "Selain dengan Impactto, dalam waktu dekat ini kami juga perbanyak portfolio startup melalui kerja sama dengan Sinarmas Land dengan program besutan mereka yang bertajuk Startup Digital Hub Next Action (DNA), dan juga investment banker yang membutuhkan tech story untuk membawa kliennya go public," tutur Edwin.

Sepanjang 2021, WGSH membukukan kinerja yang positif. Venture builder asal BSD City ini mencetak pertumbuhan pendapatan hingga 1.784% dibandingkan tahun 2020 menjadi Rp22,12 miliar. Sejalan dengan pertumbuhan pendapatan, laba konsolidasi perusahaan juga tumbuh menjadi Rp3,96 miliar dibandingkan tahun sebelumnya sebesar Rp144,18 juta. (sd)

Labels: Ekonomi

Thanks for reading Wira Global Solusi Gandeng Impactto Perbanyak Portofolio Startup. Please share...!

Back To Top