Amartha Gandeng Bank Sumut Salurkan Pembiayaan ke UMKM

(Ki-Ka) Direktur Keuangan dan Teknologi Informasi Bank Sumut Arieta Ariyanti dan Direktur Bisnis dan Syariah Bank Sumut Irwan, serta Chief Financial Officer Amartha Ramdhan Anggakaradibrata memberikan simbolisasi kerja sama antara Amartha dengan Bank Sumut untuk mendukung pertumbuhan UMKM di wilayah Sumatera Utara, Rabu, 20 Juli 2022



JAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- PT Amartha Mikro Fintek (Amartha) mencatatkan pertumbuhan positif di paruh pertama tahun 2022. Khusus untuk wilayah Sumatra, perusahaan telah menyalurkan pembiayaan sebesar Rp 706 miliar atau tumbuh 117,23% dibandingkan periode sama tahun lalu. Kinerja positif ini juga diikuti dengan peningkatan performa bisnis lainnya. Salah satunya seperti jumlah mitra di wilayah Sumatera yang mencapai lebih dari 300.000 perempuan pengusaha mikro. Sementara pembiayaan bermasalah atau non-performing financing (NPF) wilayah Sumatera stabil di bawah 0,5%.

Chief Financial Officer Amartha Ramdhan Anggakaradibrata menyampaikan, Amartha melihat potensi penyaluran permodalan ke wilayah luar pulau Jawa masih sangat besar di tahun ini. Misalnya adalah wilayah seperti Sumatera dan Sulawesi. "Porsi penyaluran ke wilayah luar pulau Jawa memang mendominasi di Amartha yakni lebih dari 60%, karena performa bisnis di luar Jawa terbukti lebih stabil dan terus menunjukkan pertumbuhan yang positif," kata Ramadhan, Rabu (20/7/2022).

Untuk tahun ini, kata Ramdhan, Amartha berencana melakukan ekspansi ke beberapa provinsi di pulau Sumatera, seperti Bengkulu, Riau, dan Jambi. Amartha menargetkan penyaluran mencapai Rp 3 triliun di wilayah Sumatera hingga akhir tahun 2022. "Untuk itu, Amartha mengajak stakeholder maupun institusi lain untuk bergabung bersama Amartha, menghadirkan kesejahteraan merata bagi Indonesia," paparnya.

Untuk memperkuat bisnis di wilayah Sumatera, Amartha menjalin kolaborasi yang bersinergi dengan Bank Pembangunan Daerah Sumatera Utara (Bank Sumut).

"Kami sebagai bank daerah, bertanggung jawab untuk turut berkontribusi dalam memajukan perekonomian di wilayah Sumatera Utara. Kolaborasi dengan Amartha ini, diharapkan dapat memperluas segmen ke kredit produktif bagi usaha mikro, sehingga dapat turut mendongkrak potensi UMKM di Sumatera Utara," kata Direktur Bisnis dan Syariah Bank Sumut Irwan.

Adapun Bank Sumut melalui melalui kerja sama ini membidik sejumlah sektor. Misalnya seperti sektor perdagangan, industri kerajinan, dan sektor pertanian, yang dinilai berpotensi untuk tumbuh serta memberi pengaruh besar bagi kesejahteraan warga di Sumatera Utara. "Kami melihat model bisnis yang dimiliki Amartha, berpotensi mendukung pertumbuhan UMKM di Sumatera Utara. Dengan sumber daya serta teknologi yang dimiliki, telah terbukti berhasil menjaga kualitas pinjaman dengan sangat baik, yang ditunjukan dengan angka NPF stabil di bawah 0,5%," lanjut Irwan. (sd)

Labels: Ekonomi

Thanks for reading Amartha Gandeng Bank Sumut Salurkan Pembiayaan ke UMKM. Please share...!

Back To Top