Anak Usaha Krakatau Steel Pasok Pipa Gas Cirebon-Semarang

Seremoni pengiriman perdana atau first shipment untuk Pembangunan Pipa Gas Proyek Cirebon-Semarang (Cisem) Tahap 1, di area PT Krakatau Pipe Industries, Kamis, 28 Juli 2022



JAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- PT Krakatau Steel Tbk (KRAS) sebagai pemegang kontrak suplai pipa untuk pembangunan pipa gas proyek Cirebon-Semarang, melalui anak usahanya PT Krakatau Pipe Industries memasok pipa gas untuk delivery order (DO) pertama sebesar 26.760 meter.

Direktur Utama Krakatau Pipe Industries Utomo Nugroho mengatakan, pipa yang dikirimkan memiliki diameter 20 inci yang berfungsi untuk mentransmisikan gas alam sepanjang lebih kurang 62 kilometer dari platform ESDM Semarang di Tambakrejo. "Pipa ini akan terpasang melalui jalan nasional di utara kota Semarang hingga pintu tol Krapyak dan melalui ROW tol Semarang-Batang, hingga stasiun ESDM Batang,” jelas Utomo Nugroho, Kamis (28/7/2022).

Pipa dengan spesifikasi API 5L GR L360M/X52M PSL 2 akan disuplai ke KSO PT PP-Elnusa yang ditunjuk sebagai kontraktor pembangunan pipa transmisi gas bumi Cirebon-Semarang tahap I (Ruas Semarang-Batang).

Utomo Nugroho menyampaikan, pipa baja yang digunakan adalah pipa dengan aplikasi pelapisan three layer polyethelene (3LPE) dengan target pengiriman untuk DO #1 direncanakan pada bulan Oktober 2022. "Krakatau Pipe Industries terus berupaya memenuhi target pengiriman dengan tetap memperhatikan kualitas mutu produk dan mendapatkan dukungan penuh dari Krakatau Steel sebagai induk perusahaan,” tandas Utomo.

Komisaris Utama PT Krakatau Pipe Industries, Anggawira merasa bangga PT Krakatau Pipe Industries menjadi bagian yang turut berkontribusi terhadap proyek Cisem yang merupakan salah satu proyek strategis nasional (PSN). Seremoni pengiriman perdana atau first shipment untuk Pembangunan Pipa Gas Proyek Cirebon-Semarang (Cisem) Tahap 1, di area PT Krakatau Pipe Industries, Kamis, 28 Juli 2022. Sebelumnya, PT Krakatau Steel (Persero) Tbk bersama Kementerian Investasi menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) kerja sama investasi dengan Posco di Seoul, Korea Selatan, Kamis (28/7/2022). Investasi yang rencana ditanamkan sebesar US$ 3,5 miliar.

“Kami sangat gembira atas dukungan pemerintah dalam mewujudkan ekspansi PT Krakatau Posco yang merupakan perusahaan patungan Krakatau Steel dan Posco. Kami akan terus aktif berkolaborasi dalam melaksanakan rencana investasi sesuai dengan yang telah disepakati. PT Krakatau Posco akan menjadi perusahaan baja terintegrasi yang terbesar di Asia Tenggara,” jelas Direktur Utama Krakatau Steel Silmy Karim.

Silmy menyampaikan, dalam MoU ini Krakatau Steel dan Posco menyepakati investasi perluasan kapasitas produksi PT Krakatau Posco yang direncanakan dapat mencapai 10 juta ton per tahun, baik produk hulu maupun hilir. Perencanaan ini memungkinkan Krakatau Steel dan Posco untuk menghasilkan produk baja bernilai tambah tinggi seperti baja otomotif sebagai dukungan terhadap rencana pemerintah menjadikan Indonesia sebagai basis industri mobil listrik dunia. “Selain itu kerja sama Krakatau Steel dan Posco juga dipersiapkan untuk mendukung proyek Ibu Kota Nusantara (IKN) dimana Posco memiliki pengalaman panjang dalam pembangunan beberapa kota di Korea,” tambah Silmy. (ym)

Labels: Ekonomi

Thanks for reading Anak Usaha Krakatau Steel Pasok Pipa Gas Cirebon-Semarang. Please share...!

Back To Top