BitHealth Dukung Proses Transformasi Digital Rumah Sakit

Chief Operating Officer BitHealth, Timur Bawono, saat menjadi salah satu pembicara dalam acara Digitalise Healthcare Indonesia yang diadakan oleh Hospital Management Asia (HMA) di Hotel JS Luwansa Jakarta



JAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- BitHealth siap menjadi solusi transformasi digital pelaku industri kesehatan, terutama dalam manajerial rumah sakit.

Chief Operating Officer BitHealth, Timur Bawono, mengatakan pandemi Covid-19 membuat pelaku industri kesehatan semakin sadar pentingnya sistem pendukung teknologi dalam proses manajerial rumah sakit yang berdampak pada efisiensi kinerja secara keseluruhan. "Dalam kondisi sekarang, saat kemajuan teknologi digital yang begitu cepat dan kompleks serta para pelaku industri rumah sakit yang umumnya tidak memiliki background teknologi informasi, sepatutnya tidak menjadi masalah. Bithealth menyadari hal tersebut dan berupaya menjadi mitra terbaik untuk mewujudkan transformasi digital di industri kesehatan," ujar Timur Bawono, saat menjadi salah satu pembicara dalam acara Digitalise Healthcare Indonesia di Hotel JS Luwansa Jakarta, dikutip Jumat (15/7/2022).

Pernyataan Timur tersebut sejalan dengan fakta BitHealth adalah mitra teknologi kesehatan digital resmi pertama dari Healthcare Information and Management Systems Society (HIMSS) di Indonesia. Organisasi ini terkenal fokus dan terdepan pada optimalisasi transformasi kesehatan digital dan membantu pencapaian sasaran strategi rumah sakit di seluruh dunia. Hingga saat ini, BitHealth sudah bekerja sama dengan satu grup rumah sakit besar yang memiliki lebih dari 30 cabang di seluruh Indonesia dan rumah sakit lainnya di daerah Tangerang. “Membantu rumah sakit menemukan teknologi dan vendor yang sesuai dengan kebutuhan dan tujuannya serta membuatkan solusi dan mengimplementasikan sistem adalah layanan-layanan BitHealth dan salah satu tujuan kami sebagai mitra teknologi resmi HIMSS,” tambah Timur.

Timur menuturkan, BitHealth memulai bisnis layanan solusi digital di industri healthcare sejak 2020 dengan membantu proses transformasi digital dari klien rumah sakit yang merupakan salah satu rumah sakit dengan jaringan besar di Indonesia. "Rumah sakit tersebut memulai transformasi digital mereka dengan mengimplementasikan sistem informasi rumah sakit yang terstandarisasi dan terintegrasi dengan sistem janji temu pasien dan sistem keuangan,” tambahnya.

Pada tahap digitalisasi berikutnya, kata Timur, mereka mengimplementasikan EMR, teleconsultation system, human resource system, telehealth, patient portal, automation process, tata kelola klinik para dokter, CPOE, dan penggunaan data analitik dan AI. “BitHealth membantu proses digitalisasi di klien rumah sakit tersebut dengan melakukan pemilihan teknologi dan vendor serta membangun solusi-solusi yang mendukung roadmap digitalisasi mereka sesuai pilar solusi yang dimiliki BitHealth,” ujar Timur.

Beberapa solusi ini yakni, pilar data dan AI dengan solusi data warehouse development dan maintenance, data analytics dan visualization, serta AI (Artificial Intelligent).

Timur mengungkapkan pilar yang kedua yakni, digital and experience dengan solusi antara lain nurse and patient portal, master data management, human capital management system, document management system dan robotic processing automation, digital host-to-host claim management system, serta wellness and community apps. "Semua solusi ini telah sukses kami implementasikan di klien rumah sakit dan telah terbukti berhasil meningkatkan pelayanan kepada pasien sekaligus meningkatkan efektivitas dan efisiensi operasionalisasi di rumah sakit tersebut,” tukasnya. (sd)

Labels: Ekonomi

Thanks for reading BitHealth Dukung Proses Transformasi Digital Rumah Sakit. Please share...!

Back To Top