Bukit Darmo Properti Diversifikasi Usaha Konstruksi

Direktur PT Bukit Darmo Property Tbk Brasada Chandra (kiri) bersama Komisaris Independen Eddy Sukamto saat paparan publik, di Surabaya



SURABAYA (IndonesiaTerkini.com)- Pengembang properti PT Bukit Darmo Property Tbk (BKDP) akan melakukan diversifikasi usaha kontruksi guna mendongkrak kinerja perseroan melalui optimalisasi anak usaha yang bergerak sebagai general contractor.

Direktur PT Bukit Darmo Property Tbk Brasada Chandra mengatakan, kelompok usaha perseroan cukup besar dan salah satu anak usaha perusahaan bergerak sebagai general contractor yang belakangan aktif membangun rumah sakit dan hotel. "Ini tentunya satu potensi bagi perseroan untuk mengembangkan anak usaha dengan profesiaonal. Harapannya bisa mendapatkan kompensasi yang cukup signifikan bagi perseroan,” kata Brasada, di Surabaya, Rabu (27/7/2022).

Brasada menyatakan, kelompok usaha Bukit Darmo Property memiliki beberapa usaha, di antaranya adalah 7 hotel di Batam, Jakarta, Solo, Surabaya dan Bali seperti hotel Akasia, Adiwangsa, Amarello, dan Solia dan 2 rumah sakit di Solo. "Sudah ada rencana dari perseroan untuk mendulang potensi yang bisa lakukan melalui anak usaha, general contractor. Tim proyek dan key person kita punya. Apalagi dunia konstruksi juga mulai menggeliat. Namun untuk rencana ini tentu perlu kita bicarakan, termasuk modal kerjaya,” ungkap Brasada.

Selain mengaktifkan anak usaha, lanjut Brasada, pihaknya juga tengah mengebut proyek rejuvenation atau peremajaan Lenmarc Mall Surabaya. Renovasi ini diharapkan bisa selesai di akhir tahun ini, sehingga saat libur Natal dan Tahun Baru mendatang bisa beroperasi.

Menurut Brasada, ada dua titik rejuvenation terhadap Lenmarc Mall, yakni di ground floor yang nantinya 90% bisa diisi dengan tenan food and beverage yang menyasar pengunjung anak muda dengan konsep Korea, Jepang, dan Eropa. Selain itu, juga ada pembangunan Fairway Walk, yakni mal dengan konsep outdoor di dekat lapangan golf di lantai 1 dan 2. "Nantinya akan ada 2 tenan besar, dan lainnya bisa menampung 40 tenan stall, ada panggung dan amphitheater," terang Brasada.

Menurut Brasada, diharapkan perluasan mal dengan segmen anak muda tersebut dapat meningkatkan pendapatan, dan target okupansi bisa mencapai 90%. "Harapanya dalam waktu dekat ada penandatanganan kontrak dengan tenan," tandasnya.

Tak hanya itu, untuk meningkat kinerja tahun ini Bukit Darmo Property juga terus menggenjot pendapatan dari sewa ruang perkantoran dan sewa apartemen. Kedua bisnis tersebut pada tahun lalu mampu memberikan kontribusi terbesar bagi pendapatan perseroan. "Kami cukup agresif di tahun ini. Seiring menggeliatnya perekonomian, permintaan akan sewa ruang kantor dan apartemen cukup signifikan. Tahun ini sudah ada beberapa yang masuk di perkantoran 9blv, juga apartemen Adiwangsa," jelasnya.

Memang, kata Brasada, persaingan sewa ruang perkantoran dan apartemen cukup ketat utamanya di Surabaya barat. Namun Bukit Darmo Property memiliki strategi untuk menggaet konsumen, di antaranya dengan bundling paket golf, dan sebagainya. "Hingga paruh pertama tahun ini memang masih mengalami kerugian, namun dengan berbagai upaya yang dilakukan perseroan diharapkan bisa terus menekan angka kerugian," pungkas Brasada. (pr)

Labels: Ekonomi

Thanks for reading Bukit Darmo Properti Diversifikasi Usaha Konstruksi. Please share...!

Back To Top