Evermos Gandeng W20 Dukung Pemberdayaan Wirausaha Perempuan

Evermos dan W20, engagement group G-20 yang fokus kepada perempuan, menggelar sesi diskusi antar pelaku wirausaha perempuan untuk berbagi dan mengembangkan ilmu dalam berwirausaha, di Bandung, Selasa, 12 Juni 2022



BANDUNG (IndonesiaTerkini.com)- Melalui presidensi G-20, Indonesia berperan dalam agenda pencapaian ekonomi inklusif, dengan mendorong wirausaha perempuan. Evermos, platform social commerce berbasis teknologi digital asal Bandung, adalah salah satu pihak yang mendukung penuh agenda ini sebagai perwujudan salah satu pilar keberlanjutan perseroan, yaitu pemberdayaan perempuan.

Sejalan dukungan tersebut, Evermos dan W20, engagement group G-20 yang fokus kepada perempuan, menggelar sesi diskusi antarpelaku wirausaha perempuan untuk berbagi dan mengembangkan ilmu dalam berwirausaha. Berdasarkan data Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop dan UKM), yang menelisik data Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2021, total wirausaha yang dimiliki perempuan mencapai 64,5%. Kondisi ini menunjukkan, peran perempuan dalam ekonomi mikro Indonesia sangat besar, yaitu perempuan telah mengendalikan separuh lebih dari seluruh total wirausaha di Indonesia.

Namun, untuk menjadi perempuan yang menjalankan usaha tidaklah mudah. Ada banyak tantangan serta hambatan yang menyertainya, seperti pandangan sosial, perempuan hanya berperan di lingkungan domestik. Alhasil, keluarga tidak memberikan secara penuh dukungan kepada para perempuan untuk berwirausaha. Usaha yang sudah dibangun oleh perempuan pun sering kali tidak maksimal karena mereka dituntut untuk lebih memprioritaskan waktu, tenaga, modal dan energinya untuk mengurus keluarga.

Co-founder Evermos, Iqbal Muslimin mengatakan, membangun dan menjalankan bisnis di tengah peran sebagai perempuan selalu bisa menjadi sebuah kisah inspiratif untuk banyak orang. "Melalui saling berbagi kisah sukses dan kisah kegagalan yang pernah dilalui mereka, para pelaku wirausaha perempuan bisa menjadi lebih kuat dan saling mendukung satu sama lain," ujar Iqbal, Selasa (12/7/2022).

Menurut Iqbal, Evermos bersama dengan W20 bertekad mendukung para perempuan untuk menjadi wirausaha yang berdaya melalui rangkaian acara ruang dialog eksklusif dengan tema Story of Us: Together Stronger. Para pengusaha perempuan yang telah sukses diundang oleh Evermos untuk berbagi cerita, pengalaman dan inspirasi soal kiat membangun usaha di tengah tanggung jawab sebagai istri dalam keluarga. Sesi pertama dari tiga rangkaian ini telah diadakan Rabu (22/6/2022) di Hotel Malaka, Bandung, Jawa Barat. "Peserta mendapatkan banyak pembelajaran dari perspektif perempuan, seperti manajemen waktu, manajemen finansial, cara membangun sebuah tim dan cara pemasaran bisnis yang baik," jelasnya.

Iqbal menambahkan, dalam membuat acara ini Evermos bekerja sama dengan W20, engagement group dari G20 yang dibentuk pada tahun 2015 atas kesadaran bahwa perempuan memiliki andil yang sangat besar dalam perputaran ekonomi global. "Melalui pemberian wadah para perempuan Indonesia untuk berdaya, diharapkan akan semakin banyak wanita Indonesia yang kreatif dan aktif berperan pada perekonomian global," pungkas Iqbal. (sd)

Labels: Ekonomi

Thanks for reading Evermos Gandeng W20 Dukung Pemberdayaan Wirausaha Perempuan. Please share...!

Back To Top