Gandeng Dompet Dhuafa, Kimia Farma Dukung Penurunan Stunting

Dalam mendukung upaya pemerintah dalam percepatan penurunan angka stunting, PT Kimia Farma Tbk (KAEF) berkolaborasi dengan Dompet Dhuafa menginisiasi program bertajuk Bidan Inspiratif Untuk Negeri (BIUN)

 

JAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- PT Kimia Farma Tbk (KAEF) berkolaborasi dengan Dompet Dhuafa menginisiasi program bertajuk Bidan Inspiratif Untuk Negeri (BIUN). Program ini fokus dalam upaya penurunan stunting (kurang gizi) melalui intervensi berbasis inovasi program dan pemberdayaan bidan di wilayah stunting.

“Program Bidan Inspiratif Untuk Negeri merupakan perwujudan kepedulian Kimia Farma terhadap dunia kesehatan di Indonesia. Untuk mendorong bidan-bidan berkualitas perlu langkah strategis melibatkan derajat kesehatan ibu, bayi, dan balita di Indonesia” kata Direktur Sumber Daya Manusia Kimia Farma Dharma Syahputra, Senin (25/7/2022).

Bentuk dukungan Kimia Farma berupa implementasi proposal project inovasi pada bidan terpilih. Nantinya akan diikutsertakan pada pelatihan pembekalan selama 1 bulan, pembiayaan proposal project inovasi, monitoring selama project berlangsung, dan memiliki kesempatan menjadi pemenang penghargaan The Most Inspiring Midwife dari Kimia Farma pada akhir project. Tak hanya berkolaborasi dengan Dompet Dhuafa, Kimia Farma juga menggandeng instansi lain dalam Program Bidan Inspirasi Untuk Negeri 2022, di antaranya Kementerian Kesehatan, Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), Ikatan Bidan Indonesia (IBI), dan FIADIFA.

“Salah satu kolaborator dalam program Bidan Inspiratif Untuk Negeri 2022 adalah FIADIFA yang merupakan Forum Istri Anggota Holding Farmasi yang bergerak di bidang sosial. Salah satu fokus kegiatannya penurunan stunting. Hal ini diwujudkan dengan buku panduan mengenai isu tersebut yang dapat menjadi pedoman dalam menurunkan angka stunting,” kata Dharma Syahputra dalam sambutannya.

Pada launching Bidan Inspiratif Untuk Negeri 2022 juga menghadirkan Bidan Beriana selaku Bidan Inspiratif Untuk Negeri 2021 dan Bidan Citra selaku Bidan Untuk Negeri 2021. Adapun program BIUN akan digelar di 13 provinsi se-Indonesia. Lokasi yang ditentukan merupakan wilayah kerja Layanan Kesehatan Cuma-Cuma (LKC) Dompet Dhuafa yang dipilih berdasarkan rekomendasi Dinas Kesehatan, BKKBN, IBI dan stakeholder setempat. (sd)

Labels: Kesehatan

Thanks for reading Gandeng Dompet Dhuafa, Kimia Farma Dukung Penurunan Stunting. Please share...!

Back To Top