Ini Skill yang Harus Dimiliki Public Relations di Era Digital

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) bekerjasama dengan Gerakan Nasional Literasi Digital Siberkreasi mengadakan kegiatan Webinar tentang “Peluang Public Relations dalam dunia Kerja di Era Digital”



JAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- Public Relations (PR) saat ini harus cakap akan teknologi digital. Janette Maria Pinariya Wakil Rektor satu Institut Komunikasi dan Bisnis (LSPR) mengatakan perusahaan harus tetap berada di tren teknologi teratas dan paling berkembang serta memahaminya untuk menciptakan strategi public relations yang sukses agar komunikasi publik dapat tercipta dengan baik.

Hal itu dikatakan Jannette dalam webinar yang digelar Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) bekerjasama dengan Gerakan Nasional Literasi Digital Siberkreasi. Janette juga menjelaskan public relations saat ini harus memiliki beberapa kemampuan agar sukses di era digital. “PR di era digital harus mampu mengelola komunikasi dan kolaborasi dengan semua pemangku kepentingan demi terciptanya pola komunikasi yang baik," kata Janette, Selasa (26/7/2022).

"Selanjutnya PR harus mampu menguasai media baik tradisional dan digital, selanjutnya public relations digital harus cakap akan teknologi informasi yang terus berkembang dan terakhir memiliki pola komunikasi yang memiliki daya tarik visual,” terang Janette.

Eko Prasetyo Nugroho Founder Lenere Business Suite mengatakan seorang public relations digital harus memperhatikan etika dan etiket dalam berinternet. "Kita harus selalu menyadari bahwa kita berinteraksi dengan manusia nyata di jaringan yang lain, bukan sekedar dengan deretan karakter huruf di layar monitor, tetapi dengan karakter manusia sesungguhnya. Karena hal itulah tetap utamakan etika dan sopan santun kita,” jelas Eko.

Dalam materinya Eko juga memberikan tips kepada PR yang memanfaatkan dunia digital dalam agar sukses dalam pekerjaannya. “Buatlah konten yang orisinil demi menghindari masalah dikemudian hari, selanjutnya gunakan headline yang kuat, terus ciptakan engaging content yang bermanfaat, inspiratif dan menghibur, terakhir buatlah konten disertai dengan video yang ditambah dengan animasi atau ilustrasi yang sedang tren agar tidak terkesan membosankan,” terangnya.

Ditambahkan Wakil Rektor empat Institut Komunikasi dan Bisnis (LSPR) Lestari Nurhajati, PR digital harus berbudaya dalam menggunakan budaya digital. “Tugas utama PR adalah menjaga citra dan mempertahankan nama baik lembaga atau perusahaan yang kita wakili. Apa yang kita sampaikan ke rekan kerja ataupun media merupakan gambaran sebenarnya tentang tempat bekerja kita, dengan mengedepankan budaya, sopan santun dan etika,” jelas Lestari.

Lestari juga menghimbau kepada pelaku PR untuk tingkatkan soft skill yang dibutuhkan di era digital agar tidak ketinggalan zaman. “Ada beberapa kemampuan yang harus kita tingkatkan supaya menjadi PR yang sukses, Seperti tingkatkan pola komunikasi yang baik, kreativitas, kemampuan copywriter, selanjutnya harus mampu manajemen diri dan tugas dengan baik, kenali dan pahami teknologi di zaman serba digital ini dan terakhir jalin hubungan yang baik dengan rekan kerja. (ym)

Labels: Gaya Hidup

Thanks for reading Ini Skill yang Harus Dimiliki Public Relations di Era Digital. Please share...!

Back To Top