INKA Gandeng UB Siapkan Riset Kereta Api Ramah Lingkungan

Rektor Universitas Brawijaya, Prof Widodo



MALANG (IndonesiaTerkini.com)- Universitas Brawijaya (UB) Malang, Jawa Timur dan PT Industri Kereta Api (INKA) Persero siap melakukan riset dan memproduksi kereta api ringan, hybrid dan cerdas pertama kali di Indonesia.

Rektor UB, Prof Widodo mengatakan, proyek riset kereta hybrid ini akan dikembangkan pemerintah untuk mendukung kemajuan sarana moda transportasi kereta api di Tanah Air. Adapun tim yang terlibat dalam riset ini, mulai dari rektor, mahasiswa, dan unsur lainnya. "Kami bersama INKA akan melakukan riset terkait kereta api ringan, hybrid dan cerdas. Riset ini, lebih ke arah bagaimana mencari teknologi baru untuk efisiensi energi ke hybrid," kata Prof Widodo, di Malang, Senin (18/7/2022).

Menurut Prof Widodo, program kereta api cerdas ini merupakan kereta api ramah lingkungan atau eco-friendly, 

yang dilengkapi berbagai macam teknologi komunikasi berbasis internet, sehingga dapat membuat penumpang nyaman selama perjalanan. "Jadi bagaimana mengkomunikasikan seluruh sistem yang ada di kereta itu dengan menggunakan artificial intelligence dan juga internet of things," ujarnya.

Prof Widodo menambahkan, selain diproduksi INKA, proyek riset kereta api ini juga didukung oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbudristek). Riset ini, ditargetkan selesai dalam kurun waktu dua tahun. Selain ramah lingkungan, tujuan utamanya adalah untuk mengurangi penggunaan bahan bakar. "Untuk proyek ini target dua tahun, dalam artian sudah ada implementasinya. Untuk di Indonesia ini kan hal yang baru. Kereta ini untuk mengurangi impor bahan bakar kendaraan dari luar negeri," tandasnya. (pr)

Labels: Ekonomi

Thanks for reading INKA Gandeng UB Siapkan Riset Kereta Api Ramah Lingkungan. Please share...!

Back To Top