IPO, Produsen Laptop Axioo Raih Dana Rp 145,6 Miliar

PT Tera Data Indonusa Tbk resmi melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada hari ini, Rabu 20 Juli 2022



JAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- PT Tera Data Indonusa Tbk (AXIO) resmi melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada hari ini, Rabu (20/7/2022) dengan melepas 1.040.126.500 saham seharga Rp 140 per lembar ke publik atau 17,81% dari modal ditempatkan dan disetor penuh. Produsen laptop dan komputer merek Axioo ini meraih dana segar Rp 145,617 miliar.

“Investor sangat antusias menyambut saham Intitial Public Offering (IPO) AXIO. Hal itu terlihat dari tingginya minat selama masa penawaran, sehingga mengalami kelebihan permintaan oversubscribed 78 kali,” kata Direktur Utama PT Tera Data Indonusa Tbk (AXIO) Michael Sugiarto, Rabu (20/7/2022).

Michael mengemukakan, sekitar 90% dana IPO untuk modal kerja (working capital) berupa pembelian bahan baku komponen dan suku cadang yang meliputi LCD, motherboard, SSD, hingga RAM. "Selain itu, untuk pembiayaan piutang usaha, peningkatan kualitas Human Capital Development, pengembangan channel distribusi dan perluasan cakupan service centre pada area pemasaran," kta Michael.

Sisanya 10% untuk belanja modal (capital expenditure/capex) antara lain untuk perluasan area gudang dan produksi. Dalam IPO, produsen laptop Axioo ini menunjuk PT CIMB Niaga Sekuritas dan PT BNI Sekuritas sebagai penjamin pelaksana emisi efek (underwriter).

Menurut Michael, AXIO merupakan perusahaan yang paling siap memenuhi ketentuan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) dan Bobot Manfaat Perusahaan (BMP) sesuai kebijakan pemerintah. AXIO memiliki produk dengan jumlah TKDN dan BMP melebihi 50%. “Dengan pencapaian angka TKDN dan BMP melebihi 50%, AXIO menjadi pilihan dari pengadaan instansi pemerintah dan BUMN di Indonesia," kata dia.

Pada tahun 2020 dan 2021, terjadi peningkatan permintaan produk teknologi informasi (TI), khususnya notebook dan laptop. Kondisi ini turut meningkatkan bisnis notebook dan laptop AXIO di Indonesia karena new normal, dampak Covid-19. Sepanjang 2021 AXIO berhasil mencatatkan kenaikan laba bruto 400% menjadi Rp 264 miliar. Alhasil laba bersih tahun berjalan naik sebesar 1.056% YoY menjadi Rp 135 miliar. Debt to asset (DAR) hanya sebesar 0,62x. Hal ini mencerminkan AXIO memiliki kinerja sehat. (sd)

Labels: Ekonomi

Thanks for reading IPO, Produsen Laptop Axioo Raih Dana Rp 145,6 Miliar. Please share...!

Back To Top