Jazz Gunung Bromo Siap Digelar di Sejumlah Daerah

Jumpa pers penyelenggaraan Festival Jazz Gunung Bromo 2022, di Jakarta, Selasa, 5 Juli 2022



JAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- Komitmen memajukan ekonomi kreatif dan pariwisata di Indonesia senantiasa dibuktikan oleh PT Jazz Gunung Indonesia (JGI) selama masa pandemi. Tahun 2020 dan 2021 secara berturut-turut digelar Jazz Gunung Ijen dan Jazz Gunung Bromo sebagai rangkaian Jazz Gunung Series dengan mengikuti protokol kesehatan yang ketat. Upaya ini dilakukan PT JGI demi ikut menggerakkan perekonomian nasional khususnya di sektor budaya, musik, dan pariwisata.

Selanjutnya saat ini kondisi pandemi sudah mulai membaik, dan Jazz Gunung Series kembali siap untuk memberikan kontribusinya dalam mendukung kebangkitan ekonomi kreatif dan pariwisata. Untuk itu, selain di Bromo dan Ijen (Jawa Timur), Jazz Gunung Series juga akan digelar di Samosir (Sumatera Utara), Gunung Burangrang (Bandung, Jawa Barat), Gunung Slamet (Semarang, Jawa Tengah), dan beberapa gunung di kota lainnya yang akan dimulai pada tahun 2023.

Hal tersebut diungkapkan Founder PT JGI, Sigit Pramono dalam konferensi pers yang diadakan di Institut Fran├žais Indonesia (IFI), Jakarta, Selasa (5/7/2022). "Kami yakin apa yang dilakukan Jazz Gunung berdampak pada berputarnya roda perekonomian tiap wilayah diselenggarakannya Jazz Gunung nanti. Tahun ini penyelenggaraan Jazz Gunung Bromo akan memasuki tahun ke-14 dan tahun depan akan mulai digelar di berbagai wilayah gunung lainnya," ungkap Sigit.

Untuk memulai rangkaian Jazz Gunung Series tersebut, PT JGI akan memulainya dengan Jazz Gunung Bromo 2022 di Amfiteater Jiwa Jawa Resort, Probolinggo, Jawa Timur dari tanggal 22-23 Juli 2022 mendatang. Kapasitas penonton yang sudah bisa kembali normal yaitu 2.000 penonton, namun tetap dengan protokol kesehatan (prokes). Antusiasme yang sama ditunjukkan pihak Bank Central Asia (BCA) yang akan berperan sebagai pendukung penyelenggaraan Festival Jazz Gunung Bromo ini. Lantaran pihaknya menilai penyelenggaraan ini akan bisa bermanfaat bagi perkembangan pariwisata, kebangkitan industri ekonomi kreatif dan juga membuka peluang musisi lokal untuk go internasional.

"Rangkaian Jazz Gunung Series adalah jawaban atas bangkitnya industri ekonomi kreatif dan pariwisata karena dapat melibatkan para stakeholder di bidang seni dan budaya serta memberikan dampak sosial dan ekonomi yang nyata. Untuk itu BCA senantiasa mendukung program ini sejak beberapa tahun lalu," tutur Direktur BCA, Antonius Widodo.

Sedangkan Butet Kertaradjasa yang hadir dalam jumpa pers Festival Jazz Gunung Bromo tersebut mengaku senang akan adanya penyelenggaraan event ini meski masih dalam suasana pandemi. Terlebih sejak pertama kali digagas oleh salah satu pendirinya, Almarhum Djaduk Ferianto, festival musik jazz gunung ini dari tahun ketahun meningkat secara kualitasnya. "Jazz Gunung menjadi salah satu alternatif tontonan yang menyegarkan dan mengisi oase para penikmat musik yang ingin mendengarkan lantunan musik di atas gunung. Dan buat saya, ini adalah penyelenggaraan festival musik yang membanggakan bagi kita," tandasnya.

Sejumlah penampil telah dipersiapkan dalam Festival Jazz Gunung Bromo tahun 2022 ini di antaranya Blue Fire Project feat, Achmad Albar dan Ian Antono, Pusakata, Duo Weeger, Irsa Destiwi dan, Nesia Ardi, Sweet Swing off, Ring of Fire Project feat. Kemudian Jogja Hiphop Foundation, Andien, Gilang Ramadhan Komodo Project, Andre Dinuth, dan Aditya Ong. Mereka akan menghibur pecinta musik Tanah Air di Amfiteater Jiwa Jawa Resort, Probolinggo, Jawa Timur dari tanggal 22-23 Juli 2022 mendatang. Terkait harga tiketnya, penyelenggara memberikan potongan harga tiket untuk yang mengambil tiket terusan 2 hari pertunjukan. Untuk penjualan tiket bisa didapatkan di jazzgunung.com dengan tarif 1 hari di kelas Tribune Rp 500.000, VIP Rp 750.000, dan VVIP Rp 1.250.000. Sementara untuk tarif 2 hari/terusan Tribune Rp 800.000, VIP Rp 1.200.000, dan VVIP Rp 2.000.000. (ym)

Labels: Gaya Hidup

Thanks for reading Jazz Gunung Bromo Siap Digelar di Sejumlah Daerah. Please share...!

Back To Top