LKPP Gandeng Axioo dalam Konsolidasi Pengadaan Laptop

Penandatanganan Kontrak Payung Konsolidasi Pengadaan Laptop Produk Dalam Negeri, Jumat, 29 Juli 2022


JAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- Sebagai tindak lanjut atas peningkatan penggunaan produk dalam negeri, sekaligus dukungan pemerintah kepada industri TIK dalam negeri, PT Tera Data Indonusa Tbk (Axio) sebagai perusahaan distributor dan pemilik laptop merek Indonesia, Axioo, telah menandatangani kontrak payung dengan Kepala Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) terkait konsolidasi pengadaan laptop produk dalam negeri secara nasional tahun anggaran 2022. Belanja TIK di tahun ini memiliki alokasi dana pagu sebesar Rp 6,3 triliun.

“Axioo sangat siap untuk memenuhi kebutuhan laptop di seluruh kementerian/lembaga/pemerintah daerah (K/L/PD) di seluruh Indonesia karena PT Tera Data Indonusa Tbk (Axio) telah memenuhi semua kualifikasi yang disyaratkan.” ujar Direktur Utama PT Tera Data Indonusa Tbk Michael Sugiarto, Kamis (29/7/2022).

Michael menambahkan, pihaknya juga telah memenuhi program pengadaan produk dalam negeri yang diadakan pemerintah di tahun-tahun sebelumnya. Tahun lalu, perseroan telah berkontribusi melalui hadirnya Axioo ChromeBook untuk proyek pengadaan nasional Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Dari nilai total proyek tersebut, Axioo berpotensi dapat memenuhi konsolidasi pengadaan laptop produk dalam negeri (PDN) di atas Rp 1 triliun. Axioo juga telah memastikan kesiapan bahan baku, sumber daya manusia, hingga perluasan pabrik untuk memenuhi konsolidasi pengadaan laptop PDN. Dua produk yang ditawarkan untuk konsolidasi pengadaan laptop PDN yaitu Axio Chromebook dan Axioo Mybook Pro K5 (8N2).

Corporate Secretary PT Tera Data Indonusa Tbk Luhur Budiman menambahkan, Axioo sebagai brand asli indonesia telah berhasil meraih capaian skor tertinggi untuk produk ChromeBook hingga mencapai 52,55% dalam pemenuhan tingkat kandungan dalam negeri (TKDN), sehingga perseroan sudah melampaui kriteria dari pemerintah mengenai pemenuhan tingkat kandungan lokal. Selain itu, spesifikasinya juga sudah sesuai standar yang telah ditentukan oleh kebutuhan pemerintah.

Sementara itu, Kepala LKPP Abdullah Azwar Anas menjelaskan, pemerintah melakukan konsolidasi belanja TIK dengan nilai belanja total Rp 6,33 triliun, terdiri atas TIK pendidikan Rp 3,42 triliun dan TIK administrasi perkantoran Rp 2,92 triliun. Hasil dari konsolidasi ini pemerintah berhasil melakukan efisiensi Rp 1,8 triliun, terdiri atas efisiensi Rp 951,3 miliar untuk Laptop TIK pendidikan dan efisiensi Rp 867,2 miliar untuk laptop administrasi perkantoran. “Hal ini merupakan salah satu upaya pemerintah untuk melakukan efisiensi, sehingga tidak ada lagi anggaran yang terbuang-buang. Bukan hanya menguntungkan efisiensi negara, tetapi ini menjadi langkah pemerintah untuk mendorong industri dalam negeri untuk terus berkembang," ujar Anas. (sd)

Labels: Ekonomi

Thanks for reading LKPP Gandeng Axioo dalam Konsolidasi Pengadaan Laptop. Please share...!

Back To Top