Mustika Land Kembangkan Rumah Effordable Rasa Real Estate

Acara Soft Launching tipe Hana, Miwa, dan Tama, di Marketing Office, Mustika Village Sukamulya, Bekasi



BEKASI (IndonesiaTerkini.com)- Seiring membaiknya pasar properti dan meningkatnya permintaan rumah tapak atau landed house, Mustika Village Sukamulya, yang merupakan anak usaha Mustika Land Group merilis tiga tipe rumah kelas real estate dengan harga affordable (terjangkau). Tiga tipe rumah bernuansa Jepang itu ditawarkan mulai Rp 200 juta hingga Rp 300 jutaan.

Direktur PT Mustika Land Group David Sudjana mengatakan, sejak semester I 2022 kebutuhan affordable housing kualitas real estate terus meningkat, karena selama dua tahun pandemi sebagian besar pencari rumah pertama menunda pembelian dengan alasan belum stabilnya kondisi finansial. "Saat ini pasar segmen rumah tapak di harga Rp 200 jutaan hingga Rp 300 jutaan paling besar. Segmen ini banyak diminati kaum milenial dan keluarga muda. Mereka tertarik, sebab walaupun harganya terjangkau, tapi desain dan feel-nya mewah serta punya gengsi tersendiri,” kata David, Senin (11/7/20222).

David mengatakan, sekarang ini Mustika Land Group fokus dengan kebutuhan konsumen, terutama pada apa yang dikuatirkan konsumen, yaitu ingin punya rumah berkualitas tapi dengan harga yang masih dalam jangkauan mereka. Untuk masyarakat menengah ke bawah, beli rumah itu mungkin sekali seumur hidup. "Mereka beli rumah rata-rata di umur 30 tahun, mencicil selama 20 tahun, hingga lunas di umur 50 tahun. Karena itu, banyak diantara mereka mungkin hanya sekali seumur hidup. Cicilan di KPR hanya Rp1,5 juta hingga Rp2 juta, sehingga kaum milenial dan keluarga muda dengan gaji Rp6 jutaan bisa membeli rumah pertamanya,” katanya.

Menurut David, menyediakan rumah tapak yang terjangkau dengan kualitas real estate punya tantangan tersendiri bagi pengembang. "Terutama bagaimana mencari keseimbangan antara cost pembangunan, harga jual dan nilai proyek yang tinggi. Untuk itu, kolaborasi antar divisi perlu dilakukan, terutama tim perencanaan dalam mencari produk yang seimbang," tegasnya.

Direktur Design dan Konstruksi Creed Group, Shuji Kato mengatakan, pihaknya berkolaborasi dengan tim Mustika Land Group melakukan inovasi desain bersama Otendo selaku principal dari IMG Architect. Kolaborasi ini berkomitmen untuk menciptakan rumah yang fungsional, berkualitas , ramah perawatan, dan design yang indah; tapi harganya tidak mahal. Hasilnya sangat menyenangkan, dengan harga mulai Rp250 juta hingga Rp300 jutaan, Mustika Village Sukamulya dapat menghadirkan rumah kualitas real estate bergaya modern dengan sentuhan arsitektur Jepang modern. "Saat ini, kami merilis 3 tipe baru, rumah harga terjangkau tapi kualitasnya baik dan perawatannya mudah. Mulai tampak depan, desain arsitektur, hingga kualitas bangunan sekelas rumah real estate. Harusnya produk ini masih cocok di harga Rp400 jutaan, tapi kami tawarkan mulai Rp200 juta hingga Rp300 juta,” jelasnya.

Sementara itu, Dedy Lesmana, Deputy Head Non Subsidized Mortgage and Personal Lending Division, Bank Tabungan Negara (BTN), menyambut baik terobosan yang dilakukan Mustika Land Group mengeluarkan produk yang mudah diserap kaum milenial.

Menurut Dedy, tidak banyak pengembang melakukan inovasi seperti ini. Konsep seperti ini, beda dengan pengembang lain yang membangun affordable housing dengan cara standar-standar saja. Sedangkan rumah bernuansa Jepang di Mustika Village Sukamulya ini sangat menarik dan harga dipasaran sudah sangat mahal. "BTN mendukung penuh pemasaran tipe baru ini. Ini merupakan produk yang mudah diserap kaum milenial. Buat mendukung itu, BTN punya KPR Gaess untuk milenial, bunganya mulai 3,72 persen. Jika pengembang subsidi sedikit, bunga bisa jadi 2,22 persen, provisi dan adnimistrasi free. Produk ini sedang kami promosikan besama Mustika Land dengan nama KPR Zero, dimana nasabah bebas bayar pokok angsuran selama 2 tahun,” jelas Dedy. (sd)

Labels: Ekonomi

Thanks for reading Mustika Land Kembangkan Rumah Effordable Rasa Real Estate. Please share...!

Back To Top