Pelaku UMKM Dipermudah Urus Legalitas Usaha Secara Digital

(Ki-Ka) Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM Arif Rahman Hakim, Direktur PT Legal Tekno Digital Rieke Caroline, dan Direktur Utama Smesco Indonesia Leonard Theosabrata



JAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM), Smesco Indonesia dan PT Legal Tekno Digital (KontrakHukum.com) menandatangani nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) dalam mempermudah pelaku UMKM (usaha mikro kecil dan menengah) mengurus legalitas usaha.

Direktur Utama Smesco Indonesia Leonard Theosabrata mengatakan, aspek legalitas menjadi salah satu komponen penting bagi pelaku UMKM. Melalui perkembangan teknologi yang ada, upaya mengurus legalitas secara digital menjadi salah satu isu penting bagi pelaku UMKM. "Peralihan dari informal ke formal ini membutuhkan aspek legalitas. Dengan digitalisasi, aspek legalitas saat membuat PT (Perseroan Terbatas) menjadi lebih cepat,” ucap Leonard Theosabrata di Gedung Smesco, Jakarta, Selasa (26/7/2022).

Leonard mengatakan, KontrakHukum.com juga akan mendirikan tenant di Smesco untuk melayani UMKM. Menurutnya, seluruh pelaku UMKM harus memahami pentingnya aspek legalitas dalam mendirikan perusahaan. Melalui kerja sama ini, lanjut dia, nantinya para pelaku usaha bisa mengurus izin usaha secara digital dan bisa dilakukan dalam waktu cepat. "Karena bukan hanya mudah tetapi juga murah yang kita ketahui mengurus PT itu tidak murah bisa mencapai belasan juta dan ini kita bisa capai bersama karena ada skala ekonomi yang bisa kita tawarkan ke UMKM,” kata Leonard.

Sementara itu, Direktur PT Legal Tekno Digital Rieke Caroline mengatakan untuk menciptakan usaha mikro kecil dan menengah berdaya saing dan berkelanjutan maka dibutuhkan suatu terobosan dan tindakan nyata antara lain pendampingan dalam sisi penciptaan produk atau jasa, sisi pemasaran dan pengembangan pasar. "Dengan berlegalitas UMKM akan lebih mudah mendapatkan kepercayaan pasar, mengajukan pinjaman modal dan menjalin kerja sama dengan pihak lain,” ucap Rieke.

Rieke menuturkan pihaknya terus mengupayakan agar para pelaku usaha bisa mendapatkan dokumen legalitas menggunakan teknologi, sehingga tercipta metode yang paling efisien. Sehingga untuk mengurus legalitas menjadi aksesibel, simpel dan affordable bagi semua kalangan terutama pelaku usaha mikro kecil dan menengah. "KontrakHukum.com siap membantu UMKM naik kelas dengan berlegalitas. Tidak kita ragukan kontribusi 64,2 juta usaha mikro kecil dan menengah dengan sumbangan terhadap PDB (Produk Domestik Bruto) sebesar 61,1%,” kata Rieke. (sd)

Labels: Ekonomi

Thanks for reading Pelaku UMKM Dipermudah Urus Legalitas Usaha Secara Digital. Please share...!

Back To Top