Pelaku Usaha Transformator Siap Dukung Keandalan Listrik PLN

CEO Wisma Gorup dan Direktur Utama PT Wismatata Eltrajaya Tjahjadi Aquasa dan General Manager Unit Induk Transmisi Jawa Bagian Barat PT PLN (Persero) Erwin Ansori saat membuka Seminar dan Mini Exhibition Pemeliharaan dan Perbaikan Trafo (Transformer), di Cikarang Selasa 12 Juli 2022



JAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- PT Wismatata Eltrajaya (WEJ) perusahaan di bawah Wisma Group bidang pemeliharaan dan perbaikan trafo (power transformer) dan pelaku usaha transformator siap mendukung PT PLN (Persero) memperkuat keandalan sistem ketenagalistrikan di Tanah Air.

“Kami bersama-sama meningkatkan kompetensi dan profesionalitas dalam pengadaan, penggunaan, dan pemeliharaan trafo untuk memperkuat keandalan sistem ketenagalistrikan demi membangun negeri,” kata CEO Wisma Group Tjahjadi Aquasa yang juga Ketua Umum Himpunan Kontraktor Ketenagalistrikan dan Mekanikal Indonesia (Hikkmi) dalam seminar dan miny expo transformator bertajuk “Berbagi untuk Maju Bersama” di Cikarang, Selasa (12/7/2022).

Tjahjadi menjelaskan, trafo merupakan bagian vital dalam ketenagalistrikan. Trafo ibarat jantung dalam tubuh manusia. Sementara pelumas bagaikan darahnya. Jika trafo tidak dipelihara dengan baik dan terjadi kerusakan, maka sistem ketenagalistrikan akan terganggu. "Untuk mengecek kondisi trafo dapat dilakukan melalui testing pelumas, seperti halnya darah pada tubuh manusia,” kata Tjahjadi Aquasa.

Dalam kesempatan yang sama Direktur Mega Proyek dan Energi Baru Terbarukan PT PLN (Persero) Wiluyo Kusdwiharto mengatakan transformator (transformer) menjadi bagian penting dalam sistem ketenagalistrikan, yaitu sistem distribusi tenaga listrik dari hulu (pembangkitan) sampai hilir (pengguna) baik rumah tangga, gedung perkantoran, pabrik, dan pengguna lainnya.

Dia juga mengapresiasi seminar yang diinisiasi PT Wismatata Eltrajaya sebagai ajang berbagi pengalaman dan pengetahuan sekaligus memberikan perspektif baru bagi para insan trafo. “Seminar ini diharapkan berkontribusi terhadap keandalan sistem ketenagalistrikan di Indonesia," tutur Wiluyo.

Berdasarkan Rencana Usaha Penyediaan Tenaga Listrik (RUPTL) 2021-2030, panjang jaringan transmisi hingga Desember 2020 mencapai 61.234 kms yang didominasi kapasitas/tegangan 150 kV. Sementara kapasitas trafo gardu induk (GI) hingga Desember 2020 mencapai 150.008 MVA yang didominasi trafo bertegangan 150/70/20 kV dan tegangan 500/275/150 kV. Demikian juga dengan unit trafo GI meningkat hampir 100% dari 1.217 unit pada 2011 menjadi 2.121 unit pada kuartal III 2020 yang didominasi oleh trafo 150/70/20 kV sebanyak 1.822 unit.

Sementara seminar ini sekaligus seremoni perayaan HUT ke-35 WEJ. Seminar mengupas berbagai hal tentang trafo mulai jenis dan kualitas, teknik pemeliharaan dan perbaikan trafo, peralatan uji trafo, pengujian pelumas trafo, hingga material trafo. Hadir para akademisi, produsen, vendor, penyedia jasa pemeliharaan dan perbaikan trafo, serta pengguna trafo baik perusahaan swasta maupun PT PLN (Persero). (sd)

Labels: Ekonomi

Thanks for reading Pelaku Usaha Transformator Siap Dukung Keandalan Listrik PLN. Please share...!

Back To Top