Pluang dan Iluni UI Dorong Literasi Keuangan Generasi Muda

Chief of Special Projects Pluang - Ronny Hutahayan (tengah) dan Ketua Umum ILUNI UI - Andre Rahadian (kedua dari kanan) menandatangani nota kesepahaman kerja sama peningkatan literasi keuangan dan investasi generasi muda di Jakarta, Jumat (15/7/2022), disaksikan oleh (kiri-kanan) Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa UI - Bayu Satria Utomo, Wakil Ketua Millenial Business Center ILUNI UI - Deny Giovanno, dan Co-chair Y20 Indonesia 2022 - Michael Victor Sianipar. Kolaborasi strategis ini diharapkan mampu meningkatkan literasi keuangan mahasiswa dan alumni Universitas Indonesia agar semakin bijak dalam berinvestasi di tengah kondisi ketidakpastian global



JAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- Platform investasi multi-aset, Pluang, berkolaborasi dengan Ikatan Alumni Universitas Indonesia (Iluni UI) untuk meningkatkan literasi keuangan dan investasi di kalangan anak muda. Selama lima tahun terakhir, pasar modal Indonesia tumbuh delapan kali lipat, ditandai dengan jumlah investor Tanah Air yang meningkat signifikan hingga 9,09 juta investor pada Juni 2022. Sayangnya, Survei Nasional Literasi Keuangan 2019 masih menunjukkan rendahnya tingkat literasi keuangan masyarakat, yakni pada angka 38,03%, di mana tingkat literasi pada sektor jasa keuangan pasar modal masih sangat rendah, yakni 4,92%. Merespon kondisi ini,

Chief of Special Projects Pluang, Ronny Hutahayan, mengatakan bahwa salah satu tantangan yang dihadapi para investor muda dan pemula adalah memahami profil risiko diri sendiri dan produk-produk investasi yang beredar. Padahal, pemahaman ini sangat penting agar seseorang tidak salah membangun fondasi portofolio aset investasi. “Keuntungan dan kerugian merupakan risiko yang akan dialami investor dalam usaha mencapai kebebasan finansial. Karenanya, memahami profil risiko perlu juga diimbangi dengan kepekaan terhadap lonjakan pasar, kondisi makro, serta kondisi geopolitik. Pemahaman inilah yang ingin kami bagikan kepada para investor muda dan pemula yang dimulai dari kerja sama dengan Iluni UI,” ungkap Ronny.

Senada dengan Ronny, Ketua Umum Iluni UI, Andre Rahadian menilai adanya kebutuhan akan edukasi semacam ini di kalangan civitas kampus. Oleh karena itu, Andre menyambut baik kolaborasi bersama Pluang melalui berbagai kegiatan literasi keuangan. “Kami berharap kolaborasi bersama Pluang ini mampu membuka wawasan rekan-rekan alumni muda untuk bijak berinvestasi, serta menjadi wadah berbagi pengalaman dan tips bagi mereka yang baru memulai perjalanan berinvestasi,” tutur Andre.

Konferensi Pers "Penandatanganan Nota Kesepahaman Pluang dengan Iluni UI: Kerja Sama Peningkatan Kapasitas Literasi Keuangan Investor Muda dan Pemula” ini menghadirkan pembicara ahli, seperti Wilson Andrew, Director of External Affairs dari Pluang, Deny Giovanno, Wakil Ketua Millennial and Business Center Iluni UI, Michael Victor Sianipar, Co-Chair Youth-20 (Y-20) Indonesia 2022 dan Bayu Satria Utomo, Ketua BEM UI, yang saling berbagi cerita mengenai pentingnya peran generasi muda Indonesia dalam mendukung pertumbuhan ekonomi dan transformasi digital. Penandatanganan Nota Kesepahaman ini menjadi awal dari serangkaian kegiatan literasi finansial yang akan dilakukan Pluang dan Iluni UI hingga akhir tahun 2022.

Selain itu, kerja sama Pluang dan Iluni UI juga merupakan bukti nyata komitmen Pluang dalam agenda transformasi digital Youth 20 (Y-20) untuk meningkatkan kesadaran keuangan digital di kalangan generasi muda. “Demografi investor muda dan pemula di Pluang didominasi oleh generasi milenial dan zilenial yang notabene bagian dari civitas kampus. Hal inilah yang membuat kami ingin terlibat secara langsung dengan jejaring universitas untuk bisa menargetkan program edukasi keuangan yang tepat sasaran. Mulai mempelajari manajemen kekayaan sedari dini akan membuat para generasi muda lebih siap mencapai berbagai tujuan keuangan di masa depan.” ujar Director of External Affairs Pluang Wilson Andrew.

Co-chair Y-20 Indonesia 2022 Michael Victor Sianipar juga turut mengapresiasi komitmen Pluang dalam mendorong agenda peningkatan kesadaran keuangan digital, “Y-20 mendukung inisiatif Pluang sebagai official partner kami dalam mendemokratisasi manfaat dari transformasi digital. Peningkatan kesadaran keuangan digital diharapkan dapat mewujudkan generasi muda yang melek finansial dan bijak dalam berinvestasi," lanjutnya.

Pluang juga akan berpartisipasi sebagai salah satu narasumber The Digital and New Economy Course Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia pada bulan Agustus 2022 mendatang. Dalam kesempatan ini, Pluang akan berbagi tentang potensi dari perkembangan teknologi Web 3.0 seperti blockchain dan aset digital seperti aset kripto. Inisiatif ini memperkuat komitmen Pluang dalam meningkatkan pemahaman dan keterampilan generasi muda Indonesia dalam memilih produk-produk investasi yang sesuai dengan profil risiko dan tujuan finansial mereka. Kedepannya, Pluang dan Iluni UI menghadirkan topik-topik edukasi yang beragam dan relevan bagi generasi muda, mulai dari tips berinvestasi di tengah ketidakpastian global, tips memulai usaha dan pengelolaan keuangan, hingga peran investasi dalam mendukung keberlangsungan bisnis entrepreneur pemula. Forum diskusi ini juga menjadi wadah komunikasi bagi mahasiswa dan alumni di lingkungan UI untuk saling tukar wawasan mengenai investasi, membangun jaringan, dan memperluas bisnis yang dimiliki.

Pluang adalah perusahaan rintisan aplikasi investasi multi-aset inovatif di Indonesia yang menyediakan akses terhadap beragam kelas aset secara praktis melalui produk investasi mikro di Indonesia sejak 2019. Pluang didirikan oleh Claudia Kolonas dan Richard Chua ketika mereka menempuh pendidikan di Harvard Business School. Visi Pluang adalah menyediakan akses bagi investor pemula Indonesia terhadap serunya berinvestasi secara bijak melalui diversifikasi kelas aset dan mengedepankan pendidikan finansial. Saat ini, lebih dari 6,7 juta pengguna telah terdaftar melalui Pluang, dan setiap saatnya terus bertumbuh. Pluang kini memiliki beberapa produk investasi di antaranya Emas Digital, Micro E-Mini Index Futures, Saham AS CFD, Aset Digital, dan Reksa Dana. (sd)

Labels: Ekonomi

Thanks for reading Pluang dan Iluni UI Dorong Literasi Keuangan Generasi Muda. Please share...!

Back To Top