Second Life dan Kafe Excelso Gelar Edukasi untuk Perempuan

Second Life Indonesia dan Kafe Excelso melakukan edukasi bagi perempuan guna mengurangi beban pada masa pandemi Covid-19, Sabtu 2 Juli 2022



JAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- Second Life Indonesia dan Kafe Excelso melakukan edukasi bagi perempuan guna mengurangi beban pada masa pandemi Covid-19. Program siniar langsung digelar Kafe Excelso bersama Second Life Indonesia sekaligus diskusi panel yang bertujuan memberikan edukasi dan inspirasi tentang bagaimana mengatur keuangan keluarga, merekatkan hubungan kasih dan keluarga kembali serta mengembangkan karir, setelah mendapat musibah selama pandemi.

Diketahui pandemi Covid-19 telah memberikan dampak pada banyak aspek kehidupan perempuan di Indonesia. Beban perempuan di masa pandemi menjadi semakin tinggi. Ini terbukti di antaranya, dari meningkatnya masalah perceraian, kekerasan dalam rumah tangga serta jumlah perempuan dengan penyakit mental selama pandemi berlangsung. Program siniar langsung dan diskusi panel ini bekerja sama dengan siniar Eurekawomen, Gombal.Talk dan Live for Life, menyasar pada audiens kaum perempuan, terutama yang berumur 25 hingga 45 tahun.

"Beberapa data selama pandemi, seperti kenaikan angka perceraian sebesar 53,50% pada tahun 2021 menjadi 447.743 kasus, di mana sebanyak 337.343 kasus atau 75,34% perceraian terjadi karena cerai gugat dari pihak istri. Selain itu, 34% lembaga menyatakan adanya peningkatan pengaduan kekerasan dalam rumah tangga. Sebanyak 66% responden perempuan yang sudah menikah, menyatakan mengalami gangguan kesehatan mental selama pandemi seperti mudah cemas dan gelisah sebesar 50,6%, mudah sedih 46,9% dan sulit berkonsentrasi 35,5%," kata Myrna Soeryo yang mewakili Second Life Indonesia.

Program ini diharapkan oleh Kafe Excelso dan Second Life Indonesia, bisa mengajak kaum perempuan Indonesia untuk terus menerus berupaya saling menguatkan dan bukan saling melemahkan, melalui berbagi pengetahuan dan kolaborasi. Dengan dukungan oleh berbagai pihak swasta seperti Supermom, platform pembanding harga dan pemberi rekomendasi produk keluarga terbesar di Asia Tenggara dan Flowra sanitary pads; Kafe Excelso dan Second Life Indonesia merasa optimistis dapat melanjutkan program ini ke kota-kota lainnya di Indonesia.

“Kami menyambut baik antusiasme dari berbagai pihak dan mitra pelaksana yang turut mendukung program siniar langsung dan diskusi panel ini. Melihat sentimen positif dari berbagai pihak, kami berencana untuk melanjutkan program ini di Kafe Excelso cabang lainnya, baik di area Jabodetabek maupun kota besar lainnya, sekalian kami memperkenalkan berbagai pengetahuan tentang kopi,” kata Pangesti Boedhiman selaku Head of Corporate Communications Kapal Api Global.

“Program siniar langsung dan diskusi panel ini, diharapkan dapat mengedukasi dan menginspirasi banyak perempuan Indonesia, untuk tetap dapat merasa optimis dan melanjutkan hidup walaupun di tengah masa pandemi atau mendapatkan musibah lainnya,” tutup Myrna Soeryo. (ym)

Labels: Gaya Hidup

Thanks for reading Second Life dan Kafe Excelso Gelar Edukasi untuk Perempuan. Please share...!

Back To Top