Tobatenun Dirikan Rumah Komunitas Jabu Bonang dan Jabu Borna di Pemantang Siantar

Memperluas pengembangan tenun Batak dan jangkauan distribusi UMKM sebagai pelaku usaha, Tobatenun menjalin kerjasama dengan Badan Otorita Danau Toba (BPODT). Sinergi program pengembangan ekonomi kreatif ekosistem tenun Batak dan kriya di wilayah sekitar Danau Toba



PEMANTANG SIANTAR (IndonesiaTerkini.com)- Sejak didirikan pada tahun 2018, PT Toba Tenun Sejahtra (Tobatenun) berupaya untuk terus memperkuat ekosistem tenun Batak dan para pelaku usaha didalamnya dengan mengedepankan proses produksi yang sustainable dan ramah lingkungan. Sebagai social enterprise, Tobatenun juga fokus terhadap community development yang mengacu kepada kelompok tenun Batak dengan mendirikan rumah komunitas Jabu Bonang dan Jabu Borna. Melalui dua rumah komunitas ini, berbagai program pemberdayaan, kegiatan riset dan pengembangan produk, serta peningkatan kompetensi kelompok dilakukan. Hal ini bertujuan untuk dapat memberikan dampak perubahan terhadap masyarakat, baik dari segi sosial, ekonomi, maupun budaya.

Sebagai sub sektor ekonomi kreatif, Tobatenun tentunya turut berkontribusi dalam peningkatan industri mode lokal dengan memperhatikan sinergi dan ekosistem hulu ke hilir. Berbagai upaya pengembangan komunitas terus dilakukan menyangkut proses pembuatan, fungsi, dan nilai ekonomi sehingga memungkinkan kelompok tenun Batak untuk semakin produktif. Dengan prinsip equitable trader Tobatenun memastikan para perajin mendapatkan kompensasi yang adil sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan dan mendorong kemandirian ekonomi.

Melvi Tampubolon, COO PT Toba Tenun Sejahtra menyampaikan, kami memulai semuanya dengan langkah kecil untuk mimpi yang besar. Tidak hanya bernilai ekonomi, tenun itu adalah sebuah karya seni dengan nilai-nilai dan identitas lokal yang sangat kuat. Dalam pembuatan tenun Batak terdiri dari 11 tahapan pengerjaan, dimana masing-masing tahapan tersebut melibatkan perajin dengan kompetensi yang berbeda. "Oleh karena itu, Tobatenun harus dapat menjaga keberlanjutan ekosistem ini dan mempertahankan siklus (lingkungan, perajin, UMKM, budaya, dan adat istiadat). Dengan program yang telah dan akan dilakukan, Tobatenun berusaha untuk menciptakan peluang dan berusaha meningkatkan standar kesejahteraan perajin di desa-desa tenun tradisional di Sumatera Utara. Membantu pelaku usaha tenun dengan mendirikan rumah komunitas atau rumah latihan Jabu Bonang dan Jabu Borna," ungkapnya. (dri)

Labels: Gaya Hidup

Thanks for reading Tobatenun Dirikan Rumah Komunitas Jabu Bonang dan Jabu Borna di Pemantang Siantar. Please share...!

Back To Top