W-20 dan Kadin Dorong Peningkatan Partisipasi Perempuan di Perekonomian Nasional

W-20 side event dengan tema “Women Tourism and Creative Economy Forum by Indonesian Chamber of Commerce and Industry



PARAPAT (IndonesiaTerkini.com)- W-20 Indonesia ingin mengajak peran serta negara anggota G-20 akan pentingnya partisipasi perempuan dalam pembangunan ekonomi global dan mewakili suara perempuan di bidang pariwisata dan ekonomi kreatif.

Chair Women-20 Indonesia, Hadriani Uli Silalahi mengatakan W-20 merupakan engagement group dalam forum G20 yang mewakili suara perempuan dan menjadi representasi perubahan terhadap perempuan. "W-20 secara spesial hadir di Danau Toba yang bertujuan untuk memperkenalkan pariwisata selain Bali. Dari 17 negara yang hadir saat W-20 Summit ini semuanya mengapresiasi keindahan Danau Toba. Bahkan delegasi negara yang hadir banyak yang menyebut bahwa Danau Toba jauh lebih indah dibanding Swiss. Dengan W20 Summit ini kami berharap perekonomian kreatif di Danau Toba semakin berkembang ke depannya,” ujar Uli dalam W-20 side event dengan tema “Women Tourism and Creative Economy Forum by Indonesian Chamber of Commerce and Industry.

Uli menambahkan, W-20 berkomitmen untuk mewakili suara perempuan dalam bidang pariwisata dan ekonomi kreatif dengan menggalakan Recover Together dan Equally. "Melalui W-20 kita mendorong kesetaraan gender dan meningkatkan partisipasi perempuan dalam perekonomian untuk mencapai inklusi ekonomi dengan mendukung UMKM pariwisata dan ekonomi kreatif yang dikelola oleh perempuan,” tambahnya.

Lebih lanjut Wakil Ketua Umum Bidang Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) Kadin Indonesia, Triawan Munaf mengatakan komitmen Kadin untuk memberikan perhatian besar kepada UMKM bidang pariwiasta dan ekonomi kreatif yang dikelola perempuan di seluruh Indonesia untuk terus tumbuh dan meningkat. "Melalui event ini UMKM Perempuan Sumatera Utara dapat saling memberdayakan, menginspirasi, dan terbuka dalam ekonomi digital menuju ekonomi global," kata Triawan.

Event ini dikatakan Triawan juga sangat penting untuk membawa Danau Toba sebagai salah satu destinasi super prioritas, yang secara otomatis akan membawa dampak bagi pengembangan UMKM Perempuan. "Mari kita persiapkan diri untuk meningkatkan kualitas pariwisata dan produk ekonomi kreatif Danau Toba untuk masuk dalam persaingan ekonomi global,” ujar Triawan.

Selanjutnya W20 Indonesia - Kadin Indonesia menggelar forum dialog yang membahas pengembangan bisnis dan rintangan digitalisasi dalam memetakan strategi produksi serta pemasaran bersama UMKM Perempuan dalam bidang ekonomi kreatif yang diikuti lebih 130 UMKM binaan Asosiasi UMKM Sumatera Utara dan Kemenparekraf. (sd)

Labels: Ekonomi

Thanks for reading W-20 dan Kadin Dorong Peningkatan Partisipasi Perempuan di Perekonomian Nasional. Please share...!

Back To Top