Astra Financial Targetkan Transaksi Hingga Rp 2 Triliun di GIIAS 2022

Astra Financial kembali menjadi Sponsor Platinum Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS)



JAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- Astra Financial menargetkan dapat meraih transaksi sebesar Rp 2 triliun melalui gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022.

Chief Marketing Officer (CMO) ACC Tan Chian Hok atau Ahok mengatakan, target yang dicanangkan perseroan pada gelaran GIIAS 2022 setara dua kali lipat perolehan transaksi Astra Financial pada GIIAS 2021 senilai Rp 1,03 triliun. "Mengulang sukses tahun 2021 di mana pencapaian kami Rp 1 triliun untuk Jakarta, Surabaya, dan Medan karena kami tau pasar otomotif sudah meningkat 50% maka target kami adalah Rp 2 triliun dengan total 4.000 unit,” ujar Tan Chian Hok di Jakarta, Senin (8/8/2022).

Ia menjelaskan, target tersebut merupakan total transaksi menggunakan Astra Financial meliputi GIIAS di Jakarta, Surabaya, dan Medan. Sebagai pangsa pasar paling besar, Ahok memperkirakan Jakarta akan memimpin perolehan transaksi dengan pencapaian minimal Rp 1,5 triliun, disusul Surabaya dan Medan yang memenuhi total target tersebut. Tahun ini, Astra Financial memboyong sembilan dari 14 unit bisnisnya ke perhelatan otomotif terbesar di Indonesia tersebut. Namun manajemen belum bisa memproyeksikan kontribusi transaksi masing-masing unit bisnis pada acara tersebut.

Director-in-Charge Astra Financial Suparno Djasmin hanya memperkirakan, kontribusi transaksi paling besar akan datang dari unit bisnis pembiayaan seperti Astra Credit Companies (ACC) dan Toyota Astra Finance (TAF). Sebab, 70% pembeli mobil di Indonesia menggunakan kredit. Transaksi besar selanjutnya diprediksi akan datang dari unit bisnis asuransi yakni Asuransi Astra dan Astra Life. Disusul unit bisnis keuangan digital seperti Moxa dan AstraPay yang diperkirakan akan menyumbang nilai transaksi dengan porsi yang lebih kecil. "Jadi detailnya belum bisa kami sampaikan tetapi saya kira paling penting target kami secara total. Kemudian nanti kalau dari segi pembiayaan ya di roda empat ada ACC dan TAF, lalu asuransi Astra, kemudian kalau transaksi ya kami berharap banyak yang melalui platform SEVA," tutur Suparno.

Di sisi lain, Astra Finance turut memaksimalkan kehadiran FIFGROUP di GIIAS 2022 yang juga menghadirkan kendaraan roda dua, meski acara ini sebenarnya adalah pameran mobil.

CEO FIFGROUP Margono Tanuwijaya memprediksi, pemberian fasilitas pembiayaan kendaraan roda dua tahun ini akan naik 8-10%. Profil pembiayaan di FIF sendiri, jelas Margono, saat ini masih didominasi motor baru dan bekas sekitar 90% dengan 67% di antaranya untuk pembiayaan motor baru. "Kami target (pembiayaan) Rp 37-38 triliun (sampai akhir tahun). Dibanding tahun lalu tumbuh 8%. Kenaikan single digit karena sepeda motor pertumbuhannya tahun ini enggak seperti mobil. Pembiayaan motor di Juli, kami sekitar Rp 2,8 triliun, biasanya Rp 3,3 triliun lah,” papar dia.

Astra Financial optimistis, pertumbuhan kembali industri otomotif akan berlanjut tahun ini karena ekonomi yang semakin membaik dengan prediksi pertumbuhan ekonomi mencapai 5,17%. Optimisme tersebut didukung realisasi wholesales mobil secara nasional sepanjang Januari-Juni 2022 mencapai 475.321 unit, naik 20,8% (yoy) dibandingkan realisasi wholesales semester I-2021 sebanyak 393.466 unit. Peningkatan tersebut membawa harapan agar ke depannya industri otomotif Indonesia dapat semakin maju.

“Astra Financial sebagai Sponsor Platinum GIIAS 2022 berharap melalui layanan yang disediakan dapat mendorong pertumbuhan industri otomotif Indonesia. Disertai dengan program-program yang mendukung literasi keuangan, kiranya persembahan Astra Financial menjadi langkah yang baik dalam upaya peningkatan inklusi keuangan Indonesia,” papar Suparno. (dri)

Labels: Ekonomi

Thanks for reading Astra Financial Targetkan Transaksi Hingga Rp 2 Triliun di GIIAS 2022. Please share...!

Back To Top