BTN Kolaborasi dengan Google Cloud dan Multipolar Technology

Ilustrasi Digitalisasi (Foto: istimewa)



JAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN) terus melakukan inovasi layanan digital untuk meningkatkan kinerja perusahaan dan memberikan kenyamanan kepada nasabah dalam bertransaksi. Untuk mewujudkan hal tersebut, BTN sebagai bank dengan pangsa pasar KPR terbesar di Indonesia, menjalin kolaborasi dalam penerapan teknologi komputasi cloud dengan Google Cloud melalui partner lokalnya, PT Multipolar Technology Tbk (Multipolar Technology).

“Kolaborasi ini telah berjalan sejak kuartal I tahun 2022, dalam rangka mempercepat transformasi dan pemutakhiran layanan digital untuk mendorong pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan,” ujar Direktur IT dan Digital Bank BTN Andi Nirwoto dalam jumpa pers penandatanganan kerja sama antara Bank BTN dengan Google Cloud Indonesia di Jakarta, Selasa (23/8/2022).

Menurut Andi Nirwoto, teknologi cloud mampu memberikan keunggulan berupa keandalan teknologi digital pada perusahaan sesuai dengan yang dibutuhkan, sehingga meningkatkan daya saing serta kemampuan memberikan layanan lebih baik dalam upaya menjaring generasi milenial. “Kami memahami tidak hanya diperlukan tekad kuat dan kerja keras, tetapi juga pentingnya kolaborasi dengan penyedia teknologi inovasi sambil tetap mengedepankan prinsip kehati-hatian, agar BTN dapat selalu yang terdepan dalam menyediakan layanan modern dan inovasi digital yang terpercaya,” tuturnya.

Andi menambahkan, untuk mewujudkan cita-cita Bank BTN menjadi The Best Mortgage Bank in Southeast Asia di tahun 2025, perseroan perlu melakukan ekspansi yang cepat dan modernisasi proses bisnis. Untuk itu, digitalisasi bukan lagi pilihan tetapi keharusan, dan hal tersebut akan lebih mudah direalisasikan melalui teknologi informasi berbasis cloud, meskipun ini mulai dari yang simpel dan tidak besar. "Kolaborasi dengan Google Cloud, adalah langkah penting bagi BTN menjadi inovator dalam layanan digital, transformasi digital yang lebih cepat, pengelolaan operasional andal, dan biaya investasi lebih baik. Tidak kalah penting untuk menarik talenta terbaik Indonesia dari generasi milenial dengan pemanfaatan teknologi terkini,” tambah Andi.

Meskipun demikian, BTN akan tetap terbuka untuk kolaborasi dengan partner lain sesuai dengan value dari pemanfaatan cloud computing.

Country Director, Google Cloud Indonesia Megawaty Khie mengatakan Google Cloud telah berinvestasi dalam infrastruktur dan layanan cloud lokal yang terbuka, skalabel, aman, dan berkelanjutan yang memungkinkan perusahaan mempercepat inovasi dan memberikan pengalaman menarik ke generasi baru pengguna. "Kami merasa terhormat BTN telah memilih Google Cloud sebagai penyedia layanan cloud terpercaya pilihan mereka. Bersama dengan mitra kami Multipolar Technology, kami berkomitmen untuk membantu BTN mencapai efisiensi operasional baru dan memenuhi harapan konsumen digital untuk layanan perbankan," tambah Khie.

Direktur Account Management FSI dan Commercial Multipolar Technology, Herryyanto menambahkan, sesuai roadmap pengembangan perbankan Indonesia 2020-2025 dari OJK, salah satu inisiatifnya terkait teknologi informasi perbankan adalah pemanfaatan cloud sebagai Game Changer. Pengalaman Multipolar Technology sebagai penyedia solusi teknologi informasi sejak 1975 dengan salah satu fokus di industri perbankan, dapat menjadi nilai tambah bagi implementasi layanan Google Cloud di tanah air. "Multipolar Technology sangat mendukung inisiatif BTN untuk menjadi bank dengan inovasi dalam layanan digital yang modern. Kami yakin dengan penerapan teknologi cloud, akan semakin memajukan langkah BTN untuk menghadapi market yang sangat dinamis, bervariasi, dan memiliki banyak tantangan baru. Dengan kolaborasi bersama Google Cloud, BTN akan memperoleh world class best practice, yang didukung mitra lokal yang berpengalaman," tambah Herryyanto. (ym)

Labels: Ekonomi

Thanks for reading BTN Kolaborasi dengan Google Cloud dan Multipolar Technology. Please share...!

Back To Top