Fungsi Serat pada Saluran Cerna Bisa Kurangi Alergi Anak

Edukasi "Bicara Gizi" dengan topik Peran Serat Terhadap Kesehatan Saluran Cerna dan Alergi pada Anak 23 Agustus 2022



JAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- Memiliki saluran cerna sehat membuat sistem kekebalan tubuh anak lebih baik dan dapat terhindar dari gangguan kesehatan, termasuk memengaruhi kejadian alergi pada anak. Untuk mengoptimalisasi kesehatan saluran pencernaan khususnya anak di atas 1 tahun yang merupakan bagian golden period, dibutuhkan konsumsi serat cukup.

Konsultan Alergi dan Imunologi Anak, dr. Endah Citraresmi, Sp.A(K) mengatakan, selain membantu mengoptimalisasi kesehatan saluran cerna, asupan serat yang cukup dapat memengaruhi gangguan kesehatan, salah satunya alergi pada anak. "Penelitian menyatakan bahwa pola makan rendah asupan serat merupakan salah satu faktor yang dapat meningkatkan risiko alergi," kata Endah dalam edukasi "Bicara Gizi" dengan topik "Peran Serat Terhadap Kesehatan Saluran Cerna dan Alergi pada Anak" di Jakarta Selasa (23/8/2022).

Untuk itu, orang tua perlu memiliki pengetahuan cukup dalam memberikan asupan nutrisi sesuai kondisi anak, memiliki gizi seimbang serta kaya kandungan serat agar dapat mengoptimalkan tumbuh kembang anak, khususnya anak yang memiliki kondisi alergi. Data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) menyebutkan, tahun 2018 sebanyak 95,5% penduduk Indonesia di atas 5 tahun masih kurang konsumsi serat. Penelitian lain menunjukkan bahwa 9 dari 10 anak kekurangan asupan serat. Rata-rata anak Indonesia usia 1-3 tahun hanya memenuhi ¼ (seperempat) atau rata-rata 4,7 gram per hari dari total kebutuhan hariannya. Jumlah ini masih jauh di bawah angka kecukupan gizi (AKG) yang direkomendasikan, yaitu 19 gram serat setiap harinya.

Dia mengatakan mengonsumsi serat dalam jumlah cukup, bisa memperbaiki keseimbangan sistem imunitas tubuh, mengurangi inflamasi akibat alergi, dan bermanfaat bagi mikrobiota di dalam saluran cerna yang akan membuat nutrisi makanan terserap dengan optimal. Sementara psikolog anak, Anastasia Satriyo mengatakan, alergi yang dialami anak bukan hanya mempengaruhi kesehatan fisik, tetapi dapat memengaruhi psikologi si kecil dan orang tuanya. Dampak psikologis dari alergi makanan sering membuat orang tua khawatir dan cemas. Hal ini tergambar dalam sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa 41% orang tua yang memiliki anak dengan kondisi alergi melaporkan dampak signifikan pada tingkat stres mereka.

“Dalam aspek perkembangan anak, gangguan alergi bisa berdampak pada fisik, sosial, dan kognitifnya. Kondisi psikologis yang berpeluang terjadi pada anak-anak dengan kondisi alergi seperti gangguan daya ingat, kesulitan bicara, konsentrasi berkurang, hiperaktif dan lemas," kata dia.

Corporate Communication Director Danone Specialized Nutrition Indonesia, Arif Mujahidin mengatakan sebagai perusahaan yang berkomitmen mendukung pemenuhan gizi anak, Danone tidak hanya menyediakan produk bergizi untuk anak, tetapi berkesinamungan memberikan edukasi. "Danone Specialized Nutrition Indonesia percaya bahwa kehebatan seorang anak perlu dibangun sejak masa golden period dengan memberikan dukungan golden nutrition atau nutrisi tepat termasuk asupan serat, serta golden simulation atau simulasi tepat," kata dia. (ym)

Labels: Gaya Hidup

Thanks for reading Fungsi Serat pada Saluran Cerna Bisa Kurangi Alergi Anak. Please share...!

Back To Top