Indocement Perkuat Kolaborasi Pengelolaan Sampah

PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk (Indocement) menandatangani perjanjian kerja sama pengumpulan kembali sampah kantong Semen Tiga Roda dari pengguna untuk dimanfaatkan kembali dengan platform ekonomi sirkular Octopus dan PT Bangunperkasa Adhitamasentra (GRC Board), di Jakarta, Kamis, 25 Agustus 2022



JAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- Sebagai langkah awal dari kolaborasi program #Trashback, PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk (Indocement) menandatangani perjanjian kerja sama pengumpulan kembali sampah kantong semen Tiga Roda dari pengguna untuk dimanfaatkan kembali dengan platform ekonomi sirkular Octopus dan PT Bangunperkasa Adhitamasentra (GRC Board). Melalui kerja sama ini, Indocement akan memanfaatkan aplikasi Octopus untuk mengumpulkan kembali sampah kantong semen dari pengguna untuk dimanfaatkan kembali. Selain itu, perseroan juga siap untuk memanfaatkan sampah yang tidak bisa didaur ulang oleh Octopus untuk dijadikan sebagai bahan bakar alternatif pada operasional pabrik semen. Sedangkan PT Bangunperkasa Adhitamasentra akan memanfaatkan kantong semen Tiga Roda bekas sebagai material alternatif dalam memproduksi papan semen.

Direktur Indocement, Troy D Soputro mengungkapkan, kolaborasi ini adalah langkah awal dari program #Trashback yang merupakan salah satu bentuk komitmen perseroan untuk keberlanjutan lingkungan hidup di masa mendatang. "Kami percaya, ini tidak bisa kita lakukan sendiri, oleh karena itu melalui program ini kami siap berkolaborasi dengan berbagai pihak baik dengan perusahaan teknologi, manufaktur, kelompok masyarakat dan lainnya untuk sama-sama bergandengan tangan mewujudkan lingkungan yang lebih baik di masa yang akan datang," kata Troy.

Troy menambahkan, komitmen terhadap lingkungan hidup bukanlah hal yang baru bagi perseroan. Sebelumnya, semen Tiga Roda dengan Mastertech Formula telah menghasilkan berbagai produk ramah lingkungan yang telah diakui dan mendapatkan sertifikasi Gold dari Green Label Indonesia. Selain itu, perseroan juga terus berkomitmen untuk menjaga proses produksi yang rendah emisi gas rumah kaca melalui berbagai upaya serius seperti peningkatan konsumsi bahan bakar dan bahan baku alternatif, efisiensi energi, penggunaan sumber energi terbarukan serta meningkatkan produksi semen hijau.

General Manager Alternative Fuel dan Alternative Material Indocement, Soegito Kurniawan mengungkapkan Indocement terus mengembangkan teknologi pemanfaatan bahan bakar alternatif dalam proses produksi, termasuk pemanfaatan sampah non-recyclables yang telah memenuhi ketentuan kualitas untuk mendukung proses produksi semen. "Kami siap menerima dan memanfaatkan beragam jenis sampah non-recyclables yang sudah dipilah dari Octopus," kata Soegito.

Sementara itu, CEO dan Co-Founder Octopus, Moehammad Ichsan, mengungkapkan apresiasinya atas peluncuran program #Trashback. Menurut Ichsan, visi dari Indocement melalui program ini sangat sejalan dengan visi Octopus. Terlebih, sampah menjadi isu yang sangat krusial bagi dunia saat ini, dan Octopus hadir sebagai perusahaan teknologi yang turut mengambil bagian dalam menyelesaikan persoalan sampah ini melalui ekosistem ekonomi sirkular. "Masyarakat hanya perlu mengunduh aplikasi Octopus, lalu memasukkan jumlah sak semen Tiga Roda yang telah terkumpul pada katalog khusus Indocement yang ada di aplikasi. Setiap sampah sak Semen Tiga Roda, baik itu kertas maupun plastik, akan ditukarkan dengan poin yang tentunya dapat ditukarkan dengan berbagai macam kebutuhan sehari-hari dan penawaran menarik dari rekanan merchant Octopus," kata Ichsan. (sd)

Labels: Ekonomi

Thanks for reading Indocement Perkuat Kolaborasi Pengelolaan Sampah. Please share...!

Back To Top