Indonesia 4.0 Conference and Expo 2022 Sajikan Teknologi Transformasi Digital

Sejumlah pembicara menghadiri jumpa pers Indonesia 4.0 Conference and Expo 2022  yang digelar luring di Bidakara, Jakarta Selatan pada 24-25 Agustus 2022



JAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- Perhelatan besar tahunan Indonesia 4.0 Conference and Expo 2022 akan menyajikan teknologi penopang transformasi digital yang digelar luring pada 24-25 Agustus 2022 di Bidakara, Jakarta Selatan. Acara ini digelar sebagai wujud dukungan dalam percepatan implementasi Industri 4.0 yang mendukung industri inklusif dan berkelanjutan. Indonesia 4.0 Conference and Expo 2022 diselenggarakan oleh Kementerian Perindustrian RI melalui Badan Standarisasi dan Kebijakan Jasa Industri (BSKJI) kembali berkolaborasi dengan Federasi Teknologi Informasi Indonesia (FTII) dan Naganaya Indonesia.

Heru Kustanto, Kepala Pusat Optimalisasi Pemanfaatan Teknologi Industri dan Kebijakan Jasa Industri, Kemenperin RI mengatakan kegiatan Indonesia 4.0 Conference and Expo 2022 ini akan menjadi ajang bagi ekosistem industri, baik pemerintah, pelaku industri, akademisi, penyedia teknologi maupun pemerhati industri untuk bertemu dan berdiskusi, dan berkolaborasi dalam mendukung implementasi industri 4.0 di Indonesia. "Sinergi dan kolaborasi antar pihak berperan penting dalam implementasi industri 4.0 sesuai program prioritas Making Indonesia 4.0. Implementasi industri 4.0 merupakan strategi yang tepat untuk membangkitkan dan mendorong pemulihan sektor industri dalam negeri,” papar Heru.

Ketua Federasi Teknologi Informasi Indonesia (FTII), Andi Budimansyah, turut menyampaikan bahwa Industri 4.0 melibatkan seluruh SDM dengan pengoptimalkan penggunaan teknologi. Alur kerja yang efektif dan efisien diharapkan akan menghasilkan produksi yang berkualitas degan tingkat efisiensi sumber daya yang lebih optimal. Gelaran Indonesia 4.0 Conference and Expo 2022 ini akan berlangsung selama dua hari dan pendaftaran gratis saat ini sudah mencapai lebih dari 2400 pengunjung. Selain menikmati pameran dan konferensi yang menampilkan lebih dari 850 produk dan solusi teknologi terkini serta informasi terkait industri 4.0, pengunjung juga dapat menikmati fitur lain di antaranya Silent Conference, Warehouse of Idea, Cocktail Reception Party, dan beragam fitur menarik lainnya.

Dalam kesempatan yang sama, Aditya Adiguna, Direktur Utama Naganaya Indonesia (Organizer Acara) menyampaikan bahwa Indonesia 4.0 Conference and Expo terlahir dari adanya program Making Indonesia 4.0 pada 2018, tempat event ini akan menjadi satu taman bermain untuk seluruh pemangku kepentingan bertemu dan berdiskusi. Ditampilkan ratusan produk, solusi berbasis teknologi terkini dalam menopang transformasi digital.

“Acara ini didukung oleh Strategic Partner di antaranya PIDI 4.0 dan Schneider Electric serta stakeholder industri Indonesia termasuk Asosiasi Pendukung dan 42 lebih perusahaan ternama penyedia teknologi dan solusi, di antaranya Schneider Electric, Siemens Indonesia, PT. Pegadaian, Signify, dan AWS. Kita akan berkumpul selama dua hari, untuk berdiskusi, menjajaki peluang baru, bertukar pikiran, membangun koneksi, serta memamerkan produk dan jasa unggulan, sebagai bentuk dukungan penuh terhadap percepatan transformasi industri 4.0 di Indonesia,” kata Aditya.

Mariam F Barata, Koordinator MAG ID – IGF (Multistakehlder Advisory Group - Indonesia Internet Governance Forum), turut menyampaikan bahwa Transformasi Industri 4.0 sangat penting karena banyak berdampak dalam kehidupan masyarakat, tidak hanya di sektor industri saja. Oleh karena itu, ID IGF mengadakan Diskusi Nasional Industri 4.0 yang diselenggarakan di dalam rangkaian acara Indonesia 4.0 Conference and Expo 2022. “Diperlukan dialog antarpemangku kepentingan untuk melihat transformasi industri ini dari berbagai perspektif, semua akan dibahas dalam Diskusi Nasional nanti,” pungkasnya.

Lebbih jauh, Martin Setiawan, Business Vice President Industrial Automation Schneider Electric Indonesia dan Timor Leste mengatakan, dalam Indonesia 4.0 Conference and Expo kali ini, pihaknya akan menampilkan solusi teknologi otomasi dan robotik unggulan untuk mendukung akselerasi transformasi sektor industri menuju smart and sustainable industry dengan penerapan otomatisasi universal. "Indonesia 4.0 Conference and Expo dapat menjadi wadah bagi seluruh pemangku kepentingan di sektor industri untuk menciptakan ekosistem kemitraan kolaboratif yang dapat mempercepat pemulihan ekonomi di Indonesia,” tambahnya. (sd)

Labels: Ekonomi

Thanks for reading Indonesia 4.0 Conference and Expo 2022 Sajikan Teknologi Transformasi Digital. Please share...!

Back To Top