Ini Capaian dan Inovasi Terbaru Jenius di Usia Ke-6

Memasuki usia 6 tahun, Jenius berupaya menghadirkan layanan finansial yang relevan dengan masyarakat Indonesia. Lewat proses kokreasi dan kolaborasi, kini aplikasi besutan Bank BTPN tersebut memiliki lebih dari 3,9 juta pengguna yang sudah bergabung dengan ekosistemnya



JAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- Memasuki usia 6 tahun, Jenius berupaya menghadirkan layanan finansial yang relevan dengan masyarakat Indonesia. Lewat proses kokreasi dan kolaborasi, kini aplikasi besutan Bank BTPN tersebut memiliki lebih dari 3,9 juta pengguna yang sudah bergabung dengan ekosistemnya. Data internal juga menyebutkan bahwa Jenius telah menemani perjalanan penggunanya ke 188 negara. Negara yang paling banyak dikunjungi adalah Singapura, Jepang, Korea Selatan, Thailand, Malaysia, dan Turki. Adapun mata uang asing yang menjadi favorit adalah Dolar AS, Dolar Singapura, Yen Jepang, Euro, Dolar Australia dan Poundsterling Inggris. Selama perjalanan 6 tahun ini, Jenius juga mencatat ada enam fitur favorit yang digunakan penggunanya, di antaranya Send It, m-Card, Flexi Saver, e-Wallet Center, Maxi Saver, e-Card dan x-Card.

"Lalu, mimpi yang paling banyak dicapai dengan Dream Saver adalah membeli gadget, traveling, konser, kebutuhan tahunan seperti kurban, pajak tahunan, dan biaya kendaraan, tabungan menikah, serta dana pendidikan," papar Waasi B. Sumintardja, Digital Banking Business Product Head Bank BTPN, Selasa (23/8/2022).

Di samping itu, kata dia, saat ini sudah hampir sebanyak 40.000 pengguna yang bergabung menjadi kokreator pada CoCreate.id dan membagikan suara, masukan, serta ide mereka untuk pengembangan Jenius. Proses kokreasi ini juga telah Jenius lakukan melalui lebih dari 830 survei daring, diskusi kelompok terpumpun (DKT), dan wawancara mendalam yang melibatkan lebih dari 96.000 anggota masyarakat digital savvy sebagai responden. “Selama enam tahun perjalanan, kami menerima banyak cerita inspiratif, ide, dan masukan dari pengguna kami. Semua itu kami wujudkan dalam beragam fitur yang memudahkan teman Jenius dalam mengelola keuangan sehingga dapat mencapai mimpi mereka. Fitur tersebut membantu mereka dalam bertransaksi, menabung, mengelola arus kas, melakukan perjalanan atau traveling, hingga berinvestasi,” imbuh Waasi.

Dalam perayaan ulang tahun kali ini, Jenius juga menghadirkan tiga inovasi baru untuk membantu pengelolaan cash flow menjadi lebih rapi. Tiga fitur tersebut adalah Flexi Cash, dana fleksibel yang proses dan penarikannya dapat dilakukan secara fully-digital melalui aplikasi Jenius dengan beragam fleksibilitas, mulai dari memilih jumlah penarikan hingga penentuan tenor cicilan. Kedua Split Pay, fitur yang membantu pengguna mengubah transaksi yang telah terjadi menjadi cicilan, sehingga pengeluaran terasa lebih ringan. Terakhir, Cicilan Jenius Pay untuk membantu pengguna berbelanja online dengan cicilan.

"Selain pilihan bayar sekarang yang telah tersedia, Jenius menghadirkan tiga pilihan bayar dengan cicilan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan preferensi pengguna," ujar Waasi.

Sebelumnya, pengguna dapat memilih tiga sumber dana ketika bertransaksi menggunakan Jenius Pay, yaitu dari Saldo Aktif, e-Card atau x-Card. Kini, pengguna juga bisa memilih Flexi Cash sebagai sumber dana ketika bertransaksi pada platform belanja e-Commerce menggunakan Jenius Pay. “Pencapaian ini menjadi semangat bagi kami untuk terus menghadirkan inovasi layanan finansial. Untuk semakin melengkapi pilihan metode pembayaran masyarakat digital savvy, berikutnya Jenius akan menghadirkan produk Kartu Kredit Jenius. Sebuah solusi pengaturan arus transaksi teman Jenius dengan lebih simpel, cerdas, dan serba digital," tuturnya.

Ia pun harap melalui inovasi-inovasi yang dihadirkan, masyarakat digital savvy dapat memulai dan merayakan #langkahkecilhariini menuju capaian hidup dan finansial yang lebih baik. Dalam rangka perayaan ulang tahun ini, Jenius juga mempersembahkan berbagai hadiah melalui program ‘PUNDI Jenius’ dan #FlexiRasaMaxi. Program #FlexiRasaMaxi adalah sebuah program menabung dengan hadiah langsung melalui fitur Flexi Saver di aplikasi Jenius. Melalui program #FlexiRasaMaxi, pengguna bisa mendapatkan bunga tabungan di muka dalam bentuk hadiah langsung yang bisa dipilih sendiri sesuai dengan periode menabung yang dipilih mulai dari cashback hingga Rp100.000.000, logam mulia (emas), gadget/elektronik sesuai pilihan, hingga mobil. Program #FlexiRasaMaxi berlangsung sejak 4 Juli hingga 30 September 2022.

Sementara program undian berhadiah, ‘PUNDI Jenius’, hadir kembali setelah sebelumnya mendapat antusiasme positif pada periode pertama dan kedua. Pada periode ketiga ini, pengguna Jenius berkesempatan memenangkan total 6.900.000 GarudaMiles untuk 115 pemenang sebagai hadiah harian dan 20 unit Vespa LX 125 i-Get sebagai hadiah utama dengan cara menaikkan saldo rata-rata setiap bulannya dan melakukan dua jenis transaksi “Booster” untuk meningkatkan kesempatan memenangkan hadiah. Sebagai hadiah harian, masing-masing pemenang akan mendapatkan 60.000 GarudaMiles, setara dengan tiket perjalanan pulang-pergi Jakarta–Bangkok untuk dua orang. Teman Jenius juga dapat memilih penerbangan ke destinasi yang diinginkan dengan fleksibel atau upgrade dari kelas ekonomi ke bisnis dengan menggunakan GarudaMiles. Program ‘Pundi Jenius’ yang ketiga ini berlangsung sejak 1 Juni hingga 30 September 2022. (sd)

Labels: Ekonomi

Thanks for reading Ini Capaian dan Inovasi Terbaru Jenius di Usia Ke-6. Please share...!

Back To Top